Mensos: Kowani Fair 2017 Buktikan Kemandirian Ekonomi Perempuan

Kamis, 1 Jun 2017

IMG_20170601_124113

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa membuka secara resmi Kowani Fair 2017 yang diadakan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), di gedung Smesco Indonesia, Kamis (1/6). Kegiatan ini berlangsung pada 1-4 Juni 2017.

Dalam sambutannya, Mensos mendorong kaum perempuan untuk memiliki kemandirian ekonomi. Peran perempuan dinilainya begitu penting dalam aktivitas perekonomian Tanah Air.

“Akses perempuan terhadap kesejahteraan dan hak-hak ekonomi lainnya harus diperluas. Barulah setelah itu perempuan bisa mandiri,” katanya.

Khofifah berpendapat, perempuan yang mandiri secara ekonomi akan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengurangi angka kemiskinan. Kontribusi para perempuan juga akan semakin dirasakan saat jumlah kaum perempuan yang mandiri secara ekonomi maupun pendidikan meningkat.

Karena itu, ia berharap organisasi-organisasi wanita lebih aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perempuan. Karena potensi ekonomi kreatif bisa menjadi salah satu solusi mendongrak kemandirian perempuan.

“Produk ekonomi kreatif seperti kerajinan tangan, oleh-oleh, makanan olahan, dan lain-lain kalau digarap serius bisa menjadi andalan pendapatan ekonomi keluarga,” tandasnya.

Selain itu, perempuan bisa melaksanakannya di rumah masing- masing sehingga ekonomi dan keluarga berjalan berseiring. Ekonomi kreatif berbasis rumah tangga ini, sangat efektif dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Hal ini semakin didukung dengan perkembangan media sosial yang dapat mendongkrak pemasaran produk kreatif.

“Saya berharap ekonomi kreatif dapat menjadi sumber kekuatan dan pertahanan Indonesia dalam menghadapi dampak krisis keuangan global dan membanjirnya produk asing akibat pasar bebas,” ujarnya.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto, menjelaskan, Kowani Fair 2017 diikuti ratusan pengusaha kecil dan menengah dari kalangan perempuan. Produk yang dijual mulai dari fesyen, kerajinan, aksesoris, obat herbal hingga kuliner.

Sebagian peserta pameran merupakan pengusaha kecil hasil binaan Kowani dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Selama 15 tahun terakhir Kowani telah menggelar Kowani Fair dalam mempromosikan industri kreatif dan menciptakan jalur komunikasi antara produsen, penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi,” katanya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015