Menko PMK Kunjungi Korsel Tinjau Kesiapan Asian Games 2018

Senin, 5 Jun 2017

IMG-20170604-WA0019

JAKARTA (Pos Sore) – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, melakukan kunjungan ke Ssyangyong Information and Communication Corporation (SICC) dan Incheon International Velodrome, Korea Selatan.

Pemerintah Indonesia saat ini tengah serius mempersiapkan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang, pada Agustus 2018.

Pembangunan infrastruktur, venues, wisma atlet, dan sebagainya pun tidak luput menjadi perhatian pemerintah dalam rangka mensukseskan penyelenggaran event olahraga Internasional ini.

Salah satu hal yang sangat penting di dalam penyelenggaraan Asian Games adalah pengelolaan IT.

Pemerintah Indonesia telah menunjuk SICC sebagai salah satu pihak yang akan melaksanakan pengelolaan IT dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya kesepakatan kerja sama antara panitia penyelenggara Asian Games (INASGOC) dengan SSangYong Information and Communication Corporation (SICC) pada bulan November 2016 lalu.

“SICC akan menangani pembangunan sistem informasi yang terintegrasi dalam penyelenggaraan AG 2018 mulai dari scorring digital sampai ke penyajian dan penyebaran hasil yg cepat dan akurat,” jelas Menko PMK, Minggu (4/6).

Diharapkan agar SICC juga dapat bekerjasama dengan perusahaan teknologi informasi lokal Indonesia agar bisa ambil bagian dalam penyajian informasi Asian Games 2018 dan agar terjadi transfer teknologi untuk peningkatan kapasitas SDM Indonesia dalam bidang IT.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK turut melihat bagaimana keandalan infrastruktur teknologi yang dimiliki SICC dan menanyakan dukungan infrastruktur apa yang perlu menjadi perhatian bagi Pemerintah Indonesia ke depannya dalam mendukung tugas SICC pada penyelenggaran Asian Games 2018.

Usai melakukan peninjauan di SICC, Menko PMK beserta rombongan bergerak ke Incheon International Velodrome. “Kunjungan ini dilakukan untuk memperoleh informasi terkait pengalaman korea membangun velodrome untuk penyelenggaraan event olahraga internasional serta pengelolaannya setelah event tersebut,” terang Menko PMK.

Pada kunjungan kali ini, Menko PMK melihat keadaan velodrome untuk mempelajari material venue apa yang sesuai digunakan di segala cuaca dan bagaimana pengelolaan stadion yang telah berjalan agar dapat diterapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Saat ini, Indonesia sedang membangun Velodrome berstandar internasional yang akan mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Sepeda Internasional (UCI). (tety)