H-10 Lebaran, BIG Sebarkan Peta Mudik 2017

Jumat, 9 Jun 2017

JAKARTA (Pos Sore)  – Menjelang mudik lebaran, Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri dan Institut Teknologi Nasional (Itenas), meluncurkan Peta Jalur Mudik 2017 versi cetak dan online.

Peta mudik ini berbasis informasi geospasial yang akurat, terbaru dan dapat dipertanggungjawabkan. Memberikan informasi terkait posisi dan lokasi geografis objek sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa.

Kepala BIG Hasanuddin, menjelaskan rencananya Peta Mudik ini disebarluaskan kepada masyarakat H-10 sebelum Hari Raya Idul Fitri baik secara langsung ataupun melalui situs di BIG, Itenas dan Polri.

“Peta Jalur Mudik versi cetak ini dapat digunakan oleh semua kalangan, terutama pemudik dengan kendaraan pribadi, sehingga masyarakat mendapatkan informasi jalur mana yang dapat dilalui,” ungkapnya, di kantor BIG, Rabu (6/6).

Informasi jalur tol baru yang akan dibuka pada saat lebaran, informasi rawan bencana, rawan kecelakaan dan fasilitas umum seperti Pom Bensin, ATM,  Rumah Sakit, Pos Polisi dan tmpat istirahat yang terdapat di sepanjang jalan yang dilalui pemudik, juga terdapat dalam peta mudik ini.

Dikatakan peta disusun dari berbagai sumber, yaitu Peta Dasar RBI dari BIG, Peta Rawan Bencana dari BIG dan BNPB, serta Informasi Jalan Tol dari Kementerian PU-PERA.

“Peta ini sudah dilakukan validasi lapangan oleh tim BIG dan Itenas. Terutama pada Jalur Utara, baik tol dan non tol, jalur tengah dan selatan pulau Jawa, jalur yang sering dilalui pemudik. Untuk wilayah yang sering terjadi rawan kemacetan, dibuatkan informasi khusus yang lebih detil,” ucapnya, di kantor BIG, Rabu (6/7).

Ke depan, BIG bersama Itenas akan membantu Polri dalam menyiapkan basis data informasi geospasial transportasi yang baik untuk wilayah seluruh Indonesia. Diharapkan pelayanan kepada masyarakat
terkait informasi jalur mudik dapat disiapkan lebih baik.

Kasubag Analisis Pengembangan Sistem Teknologi Korlantas Polri, AKBP Ronald Rumondor menambahkan, pihaknya akan meluncurkan aplikasi Intelligent Traffic Analysis (INTAN).

Aplikasi ini untuk memberikan informasi lengkap di sepanjang jalur mudik. Baik itu berupa peta, rekaman CCTV hingga rekayasa lalu lintas untuk memudahkan pemudik selama perjalanan.

“Selain itu, akan memudahkan kami dalam mengatur lalu lintas selama mudik. Maka itu, kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk terus melengkapinya,” tambahnya. (tety)