Kemenkop UKM Fasilitasi Pembentukan 543 Koperasi Wanita di Bandung

Jumat, 9 Jun 2017

IMG-20170609-WA0006

SOREANG (Pos Sore) — Dewan Pimpinan  Pusat Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (DPP Perwira) mendorong berdirinya 543 Koperasi Wanita yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Peresmian 543 Koperasi wanita ini disaksikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, bersama Ketua DPP Perwira Elza Syarief dan Bupati Bandung Dadang Muhamad Naser, di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (8/6).

Sesmenkop UKM Agus Muharram menyambut baik upaya pendirian 543 koperasi wanita yang prakarsai DPP Perwira ini. Pendirian Kopwan ini wujud upaya meningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya keluarga.

Dikatakan, koperasi wanita yang didirikan di desa-desa di wilayah Kabupaten Bandung ini diharapkan dapat meningkatkan perekononian dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Keberadaan koperasi wanita ini wujud ekonomi kerakyatan yang digerakkan secara gotong royong melalui koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan bersama,” ujar Agus.

Menurutnya, mendirikan koperasi lebih mudah daripada menjalankannya. Namun Agus optimis, koperasi yang dikelola wanita biasanya lebih solid. Faktornya, wanita umumnya lebih ulet dalam bekerja, memiliki ketelitian, serta kehati-hatian dan kejujuran dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Agus mengingatkan, hal terpenting agar koperasi berjalan baik. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Yaitu, SDM berkualitas dan terampil serta berbudi pekerti atau berprilaku baik.

Selain itu, manajemen yang profesional, serta dapat mengikuti dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan terutama untuk memanfaatkan IT dalam
pengelolaan koperasinya.

Ketua DPP Perwira, Elza Syarief, menjelaskan, Perwira telah lama berjuang meningkatkan kesejahteraan kaum wanita Perwira. Membantu kaum wanita untuk bisa mandiri, berwirausaha, guna
meningkatkan kehidupan melalui peningkatan perekonoian keluarga.

“Kalau perekonomian keluarganya bagus, berarti kaum wanita mampu
menyejahterakan keluarganya,” ujar Elza

Untuk itu, DPP Perwira bersama DPD Perwira Jawa Barat serta Asosiasi
Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung, berupaya membantu meningkatkan kesejahteranaan kaum wanita di desa, khususnya di Kabupaten Bandung, dengan mendirikan Koperasi Wanita di setiap desa.

“Kami berterima Kasih Kepada Kemenkop dan UKM yang memfasilitasi akta
pendirian seluruh Koperasi wanita ini,” tambah Elza.

Dikatakan, selain membantu pendirian koperasi secara online, Kemenkop UKM juga membantu pendanaan pendirian ke akta notaris, melalui Program bantuan dana sebesar Rp2,5 juta untuk pendirian setiap koperasi di serial desa.

Selain pendirian ratusan koperasi wanita di Kabupan Bandung, pihaknya juga akan melakukan hal serupa di sejumah daerah lainnya di tanah air.

Sedangkan Bupati Bandung, Dadang M Naser mengatakan, keberadaan koperasi wanita semakin mengokohkan perekonomian di desa-desa di wilayahnya.

Pihaknya berharap dengan berdirinya 543 Koperasi Wanita di Kabupaten Bandung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ia berharap koperasi wanita yang berdiri di setiap desa untuk bersinergi dengan BUMDes yang ada, karena  akan semakin menguatkan perekonomian desa. (tety)