18.4 C
New York
21/04/2021
Aktual

Mentan Bahas Kerjasama Pertanian dengan Dubes Filipina

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan Duta Besar Filipina untuk Indonesia Maria Lumen B. Isleta, di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (14/6).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas kerja sama bidang sektor pertanian bidang hortikultura dan ekspor impor produk pertanian kedua negara. Salah satunya, buah nanas.

Filipina, kata mentan, mengharapkan Indonesia mengimpor nanas dari Filipina. Namun, permintaan ini belum bisa dipenuhi dengan pertimbangkan Indonesia saat ini sudah swasembada bahkan sudah ekspor nanas.

“Kita akan mempertimbangkan tawaran tersebut dan juga menawarkan Filipina untuk ekpor bawang merah, jagung, dan crude palm oil (CPO) asal Indonesia yang didukung adanya konektivitas laut Indonesia-Filipina dengan menggunakan Kapal RoRo rute Bitung-Davao General Santos,” kata mentan usai pertemuan.

Amran berharap, adanya Kapal RoRo Rute Bitung-Davao General Santos bisa memberikan manfaat pada kedua negara dalam bidang ekspor-impor produk pertanian.

“Harapan kami supaya hemat, kapal besar ini, jangan kosong pada saat datang dan juga pada saat pulang sehingga ini menguntungkan kedua belah pihak,” jelas Amran.

Catatan Kementerian Pertanian, dalam Rencana Strategis (Renstra) 2015-2019 menunjukkan nanas masuk di dalam rencana pengembangan bersama mangga, manggis, salak, dan jeruk siam.

Pada 2015, kinerja pengembangan nanas menyentuh angka 1.888.000 ton. Sampai dengan akhir 2019, pengembangan nanas bakal menjangkau angka 2.042.000 ton atau naik hingga 2,4 persen.

Indonesia sendiri merupakan daerah penghasil nanas. Sebut saja Lampung, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jambi. Produksi nanas Indonesia mencapai 1,84 juta ton pada 2016 dengan produktivitas sebesar 117,5 ton per hektar lahan. (tety)

Related posts

Bandung Bakal Miliki Hutan Kota 10 Hektar

Tety Polmasari

Partai Barnas Konsolidasi Dan Siap Kibarkan Bendera

Tety Polmasari

Several Suggestions Every person Company Desires to Know About Organization Blogging Subject Material

Tety Polmasari

Leave a Comment