Malam Takbir Keliling Ditindak Tegas

Senin, 19 Jun 2017
Ilustrasi

JAKARTA (Pos Sore) – Malam takbiran tidak boleh keliling. Polda Metro Jaya mengeluarkan surat edaran yang berisi himbauan Kamtibmas Pelaksanaan Takbir Malam Idul Fitri 1438 H/2017 yang ditandatangani Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan.

Kepala Bidang Humas (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, membenarkan surat tersebut. Ditegaskannya, edaran itu bukan bermaksud melarang masyarakat Jakarta melakukan takbir keliling.

“Bukan larangan takbir keliling, tetapi imbauan untuk takbir dilaksanakan di masjid atau musala masing-masing lingkungannya,” ucap Argo, kemarin.

Surat himbauan yang dikeluarkan 16 Juni 2017 itu diteruskan kepada seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Surat tersebut juga ditembuskan ke Kapolri, Seluruh Kapolres di jajaran Polda Metro Jaya, Ketua MUI DKI Jakarta dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta.

Argo, menegaskan, pihaknya akan menindak tegas bagi warga yang masih tetap melakukan takbir keliling. “Kita akan tindak tegas, apalagi yang mengganggu ketertiban,” tegasnya. 

Dia menjelaskan, imbauan itu dikeluarkan bukan untuk melarang, namun mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan. Pihaknya juga telah menyebarkan keseluruh wilayah untuk segera ditindaklanjuti.

Selain itu, akan ada penyekatan juga ditiap-tiap wilayah. Nantinya pemimpin wilayah seperti kapolres dan kapolsek juga melakukan pencegahan. 

“Kami sudah minta seluruh jajaran jika ditemukan ada pelanggaran langsung ditindak dan bila ada keramaian seperti konvoi bisa langsung dialihkan,” tutupnya. (marolop)