UI – BMKG Sepakat Tingkatkan Kualitas SDM

Rabu, 5 Jul 2017

DEPOK (Pos Sore) – Universitas Indonesia menjalin kerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang Pemanfataan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam kesempatan itu juga ditandatangani kerjasama antara Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dengan UI tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Tujuan dari MoU adalah untuk meningkatkan sinergi dalam mewujudkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan informasi MKG.

Selain itu, untuk mendukung pembangunan nasional dan meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing sesuai kewenangannya.

Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng bersama Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (MOU) dan dilanjutkan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Ketua STMKG Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si dengan Dekan Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc.

Ruang lingkup Nota Kesepakatan Bersama meliputi penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi SDM (pendidikan) yang terkait dengan data dan informasi MKG, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang MKG.

Selain itu, penyediaan, pemanfaatan dan penyebarluasan data dan informasi MKG; Kegiatan pemanfaatan sarana dan prasarana, pembangunan infrastruktur terkait informasi MKG, serta kegiatan lain yang dipandang perlu dan disetujui oleh masing-masing pihak. (*/tety)