5000 Lebih Pengendara Motor Ditindak

Senin, 24 Jul 2017
Foto: istimewa

JAKARTA (Pos Sore) -– Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak tegas para pengendara motor yang melintas di trotoar. Sejak 17 hingga 21 Juli 2017 polisi menindak 5000 lebih pengendara roda dua.

“Berdasarkan data hasil penegakan hukum pelanggaran lawan arus di trotoar dalam lima hari itu mencapai 5.644 pengendara yang ditindak,” ujar Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, Senin (24/7).

Jumlah pelanggar fungsi trotoar masih cukup besar, sekaligus memperlihatkan bahwa masyarakat belum memahami betul kegunaan trotoar dan hak pejalan kaki.

Budiyanto menyebutkan, fungsi trotoar khusus untuk pejalan kaki diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam aturan tersebut, tertera keterangan bahwa pejalan kaki berhak atas fasilitas trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lainnya.

Kemudian, juga diatur bahwa pejalan kaki berhak mendapat prioritas saat menyeberang di tiap tempat penyeberangan.

“Tiap pengendara kendaraan bermotor wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda. Bagi pengendara yang mengabaikan keselamatan mereka, dipidana dengan dua tahun penjara dan denda Rp 500.000,” ungkapnya.

Menurutnya, razia akan terus dilaksanakan agar pengendara motor tertib. Harapannya, untuk jangka panjang, pengendara bisa sadar dan mengutamakan kepentingan pejalan kaki serta mengembalikan fungsi trotoar. (marolop)