Terima Presiden Bank Dunia: EODB Indonesia Peringkat ke-91

Rabu, 26 Jul 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri menerima Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim didampingi sejumlah delegasi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7) siang.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama dan kemitraan yang selama ini terjalin antara Bank Dunia dengan Indonesia.

Ia juga mengapresiasi Bank Dunia yang membuka kantor perwakilan di Indonesia, yang menurutnya merupakan kantor perwakilan Bank Dunia terbesar selain kantor pusat Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

“Saya senang Anda dapat mengunjungi dan mengagumi kantor anda yang sangat besar dan sangat aktif beroperasi di Indonesia,” ujar Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/7)

.

Menurut Presiden, Bank Dunia telah membantu memperbaiki struktur dan kualitas atau pengeluaran fiskal Indonesia.

Selain itu, Bank Dunia juga terus berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam menurunkan angka kemiskinan serta memperbaiki kualitas kesehatan dan pendidikan di Indonesia.‎

Presiden menilai, Bank Dunia dan pemerintah Indonesia melakukan pekerjaan penting dalam pemberantasan kemiskinan, investasi bagi pembangunan manusia seperti peningkatan kesehatan dan pendidikan, serta menangani dampak perubahan iklim.

“Kami senang tahun lalu Bank Dunia meningkatkan peringkat kami dalam Ease of Doing Business (EODB) dari peringkat 106 sampai 91. Saya tahu Anda di sini untuk mengatakan tahun ini Bank Dunia akan menaikkan peringkat Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Saat bertemu Presiden Jokowi itu, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim didampingi oleh Country Director Indonesia and Timor Leste Rodrigo Chaves, Vice President for East Asia and the Pacific Victoria Kwakwa, Regional Director IFC Vivek Pathak, Country manager IFC Azam Khan, Operations Manager Indonesia Rolande Pryce, dan Special Assistant/Advisor President World Bank Group Aurelie Chardon. (tyas)