Hadapi Persaingan Global, Pejabat Pemerintah Dituntut Berinovasi

Rabu, 2 Agu 2017

JAKARTA – Teknologi yang berkembang dengan cepat menyebabkan banyak perubahan dalam aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah aspek pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, pejabat pemerintah harus berinovasi dan mampu berimprovisasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Hery Sudarmanto saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat III (PIM 3) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemnaker, pada Rabu (2/8) mengatakan dengan adanya inovasi diharapkan akan tercipta integrasi antar bidang, sehingga pelayanan masyarakat akan lebih baik.

Hery menambahkan, pemerintah harus melakukan pembenahan dan menyiapkan berbagai unsur untuk menghadapi persaingan dengan negara lain. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kompetensi para pejabatnya.

Pejabat pemerintah, imbuh Hery, harus memiliki sifat mawas diri dalam menjalankan tugasnya. Selain itu harus profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan serta selalu mengedepankan kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas.

Diklat PIM III angkatan 14 dan 15 diikuti oleh 54 peserta dari berbagai instansi. Diantaranya adalah Kemnaker, Badan SAR Nasional (BASARNAS), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan Mahkamah Konstitusi. (hasyim)