Kemnaker Siapkan Grand Design Kompetensi Tenaga Kerja

Kamis, 3 Agu 2017

JAKARTA – Kementerian Ketengakerjan sedang menyiapkan grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja yang massif.

Penyiapan rencana induk kompetensi tenaga kerja tersebut diperlukan mengingat selama ini pertumbuhan ekonomi masih banyak bergantung dari sumber daya alam (SDA) sekaligus sebagai langkah pengembangan peningkaran kualitas sumberdaya manusia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di masa depan,

Menaker M Hanif Dakhiri mengatakan masalah SDM sangat strategis dan kompleks sehingga diperlukan grand design agar ke depan tidak lagi bergantung kepada SDA, melainkan melalui sumberdaya atau ketrampilan SDM,

Seusai berdiskusi dengan praktisi dan akademisi, Kamis (3/8), dia menegaskan grand design akan segera terwujud dalam waktu dekat karena berkait dengan alokasi sumber daya.

Selama ini setiap pelatihan kerja, pihaknya memiliki kekurangan alokasi baik anggaran maupun sumber daya sebab selama ini alokasi pelatihan banyak terserap di sektor pendidikan. Padahal, kata Hanif, pelatihan bagi tenagakerja juga sangat diperlukan.

Kementerian Ketenagakerjaan bersama akademisi dan praktisi sepakat membangun ekosistem yang baik untuk mendukung terciptanya grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja.

Seluruh stakeholder atau pemangku amanah di lingkungan Kemnaker yakni Pemda, BLK, industri maupun swasta harus bisa membangun ekosistem yang positif agar mampu berkompetisi dengan ekosistem yang dibangun oleh negara lain.

Pihak Kadin yang diwakili Bob Azam menyambut positif pertemuan dengan Kemnaker dan praktisi. Bob menilai Menaker concern adanya grand design penyiapan kompetensi tenaga kerja agar seluruh pemangku amanah memililki kesepakatan kerjasama yang positif.

Bob tak menepis adanya dua juta tenaga kerja yang masuk pasar tenaga kerja setiap tahunnya, namun hanya sekitar beberapa ratus ribu bisa tertangani dengan baik. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015