Spesialis Pencuri Motor Matic Ditembak

Sabtu, 5 Agu 2017
Ilustrasi/istimewa

JAKARTA (Pos Sore) -– Pencuri spesialis sepeda motor matic, Dedy alias Alex,39, terpaksa ditembak kakinya, karena melawan petugas ketika akan ditangkap di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (4/8) malam.

Pelaksana Harian (Plh) Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Budi Setiadi menyebutkan, pelaku warga Kebayoran Lama ini kerap melakukan aksinya, mencuri sepeda motor di kawasan Jakarta Selatan, seperti Manggarai, Tebet, Mampang, Pancoran, dan Tangsel.

Setiap beraksi, pelaku hanya membutuhkan waktu tiga menit saja mencuri sepeda motor.

“Pelaku sudah puluhan kali melakukan aksinya. Satu kali beraksi bisa tiga sepeda motor dia dapat. Dia menggunakan letter T dan magnet untuk membuka kontak motornya, yang dibuat secara khusus,” ucap Kompol Budi, Jumat (4/8).

Budi menuturkan ketika mau ditangkap, tersangka melawan hingga akhirnya petugas melumpuhkannya dengan menembak kaki kiri pelaku. Hasil pengembangan, diketahui penadahnya, lalu diamankan.

“Kami tangkap penadahnya, Nurdin, 27 di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Sepeda motor curiannya itu dijual seharga Rp3 jutaan,” imbuhnya.

Kompol Budi menerangkan, Alex yang memiliki dua anak ini merupakan residivis kasus curanmor. Dia pun baru saja keluar dari bui di Polsek Metro Cilandak.

Kini, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam hukuman sembilan tahun penjara.

“Sebelumnya, dia divonis sembilan bulan penjara dan baru keluar. Jadi, dia ini pemain lama yang bermain di Jakarta Selatan dan Tangsel. Targetnya selalu sepeda motor matic,” tambahnya. (marolop)