Menaker Hanif : Generasi Muda Butuh Keteladanan

Selasa, 8 Agu 2017
JAKARTA  – Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan bangsa ini tidak perlu khawatir terhadap dinamika era persaingan asalkan generasi muda dipersiapkan sejak dini sehingga mampu memegang peranan penting bagi masa depan bangsa.

Berbicara kepada wartawan, Senin (7/8) Menaker Hanif mengatakan dengan menyiapkan generasi muda, bangsa ini tidak lagi dibayangi ketakutan sebab generasi muda Indonesia akan mampu meningkatkan daya saing Indonesia di mata dunia.

Menurutnya, Indonesia memang sedang dihadapkan pada berbagi tantangan perkembangan zaman. Namun begitu, masyarakat Indonesia harus optimis menatap kedepan. Dengan mempersiapkan generasi muda Indonesia sebaik mungkin.

Optimisme ini, menurutnya, harus mulai ditanamkan dari keluarga. Keluarga harus bisa menjadi rumah untuk menumbuhkan optimisme, menekankan tentang pentingnya pendidikan, semangat juang, dan etos kerja keras.

Di samping itu, lanjut Hanif, Keluarga juga harus menjadi tempat pertama untuk menanamkan pentingnya pendidikan agama. Dengan adanya pemahaman akan pendidikan agama, generasi muda akan memiliki karakter yang kuat.

Generasi muda membutuhkan keteladanan. Baik dalam lingkungan keluarga maupun konteks interaksi sosial, generasi muda membutuhkan keteladanan yang baik.

Menaker pun memberi contoh cara mendidik anak-anaknya. Ia selalu mengingatkan bahwa apa yang melekat padanya saat ini sebagai Menteri kepada anak-anaknya adalah sebuah amanah rakyat, amanah presiden, amanah Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karenanya, jabatan Menteri Ketenagakerjaan tersebut tak perlu dibesar-besarkan.

Kepada anak-anaknya, ia berpesan agar mereka selalu membumi. Mereka harus berinteraksi dengan teman-teman dan lingkungannya sebagaimana anak-anak pada umumnya. (hasyim)