Festival Pangan Lokal Upaya Kementan Angkat Citra Pangan Lokal

Sabtu, 12 Agu 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Kementerian Pertanian menyelenggarakan Festival Pangan Lokal bertema ‘Tingkatkan konsumsi ragam pangan lokal dukung kemandirian pangan’. Kegiatan ini untuk memeriahkan bulan kemerdekaan Indonesia.

Menteri Pertanian Arman Sulaiman menjelaskan, festival pangan lokal ini bertujuan menyosialisasikan program percepatan penganekaragaman pangan dengan menampilkan pangan lokal sebagai alternatif pangan sumber karbohidrat.

Selain itu, memperkenalkan potensi pangan lokal daerah kepada masyarakat luas. Juga mengangkat citra pangan lokal sebagai makanan yang dapat dikonsumsi semua lapisan masyarakat.

“Saya ingin mengajak mengajak masyarakat menghargai dan menggunakan produk dalam negeri. Saat ini berkembang fenomena yang kurang baik, yakni lebih bangga memberikan produk impor sebagai oleh-oleh atau hadiah,” ujarnya memberikan sambutan dalam Lomba Kreasi Tumpeng Kemerdekaan RI Berbasis Pangan Lokal, di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (10/8).

Amran ingin produksi pangan Indonesia dikampanyekan dengan gencar sebagai produk sehat. Beberapa produk pangan lokal sudah diekspor ke sejumlah negara, seperti beras yang akan diekspor ke Republik Kepulauan Fiji, Samoa, dan Republik Vanuatu.

“Indonesia semakin cepat menuju swasembada pangan. Padi sudah selesai, kita tidak impor. Jagung juga sudah ekspor. Malaysia dan Filipina minta jagung dari Indonesia 4 juta ton. Cabe sedang kita kejar. Setelah itu, kita akan kejar rempah-rempah,” tandasnya. (tety)