Sarihusada Gelar Festival Ngidam SGM Bunda

Kamis, 31 Agu 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Masa kehamilan hingga menyusui tentu menjadi momen luar biasa yang dinantikan oleh para bunda. Begitu banyak cerita seru yang tak terlupakan. Salah satunya, di saat Bunda mengalami ngidam.

Ngidam menjadi pengalaman unik bagi bunda hamil yang ditandai dengan besarnya dorongan keinginan akan suatu hal, umumnya terkait konsumsi makanan atau minuman tertentu.

Dijumpai pada Media Gathering ‘Festival Ngidam SGM Bunda’, Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan, ngidam adalah hal wajar bagi bunda hamil. Biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). POE ini memiliki hubungan kuat dengan asupan makanan.

“Hal ini tentunya perlu dicermati oleh bunda, karena seringkali bunda kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi,” tuturnya, di Jakarta, Kamis (24/8).

Menurut Riskesdas 2013, angka bayi kecil (<2500 gr) yang dilahirkan di Indonesia mencapai 10,2% sedangkan bayi lahir pendek (<48 cm) mencapai 20,2%. Angka tersebut menandakan masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi tersebut tentunya disebabkan oleh pola makan yang tidak bergizi dengan porsi yang belum tentu seimbang sesuai kebutuhan bunda dan si kecil. Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan fenomena ngidam pada Bunda hamil dan pentingnya peranan nutrisi bagi Bunda selama kehamilan agar Bunda dan si Kecil sehat

“Untuk itu, perlu adanya kontrol akan pola konsumsi dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat di kala hamil termasuk saat ngidam. Karena bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi si kecil, sehingga jika bunda sehat, si kecil juga sehat,” jelas Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K).

Memahami kebutuhan para bunda di kala hamil untuk dapat menikmati masa ngidam dengan sehat dan bahagia, SGM Bunda menghadirkan Festival Ngidam SGM Bunda pada 2-3 September 2017, di Summarecon Mall Bekasi.

“Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Kami hadir dengan serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk bunda,” kata Christina Natalia, Marketing Manager Nutricia Sarihusada.

Dikatakan, bunda yang ngidam kerap terkendala menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang karena cenderung memilih makanan dan minuman tertentu. Padahal, pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbung kembang si kecil dalam kandungan dapat optimal.

“Melalui Festival Ngidam SGM Bunda kami berharap para bunda dapat beraktivitas seru dan menikmati makanan favorit mereka, juga mendapatkan pemahaman terkait nutrisi yang dibutuhkan pada masa hamil agar bisa lebih cermat dalam menerapkan pola makan bergizi seimbang, termasuk susu yang menjadi salah satu sumber zat gizi bagi bunda hamil.”

Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) menegaskan, bunda perlu menyadari bila kebiasaan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi bunda dan si kecil, dapat menimbulkan resiko negatif pada saat melahirkan, seperti kelahiran prematur atau berat badan kurang.

Untuk itu, meningkatnya kebutuhan asupan karbohidrat, protein, maupun lemak perlu diimbangi dengan kecukupan mikronutrien seperi asam folat, zat besi, dan kalsium yang memiliki peranan besar untuk perkembangan kecerdasan dan fisik si kecil sejak dalam kandungan.

“Bunda dapat menjadikan momen ngidam sebagai kesempatan dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak hanya lezat namun juga sehat,” katanya.

Contohnya, menghindari konsumsi makanan, dengan kadar gula dan minyak berlebih. Jika bunda ingin mengonsumsi kudapan lezat dan bernutrisi, bunda dapat memilih buah potong, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat.

Yang paling utama, bunda dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3x sehari, air mineral 10 gelas/hari, dan dilengkapi konsumsi susu khusus kehamilan setiap hari, papar dr. Damar. (tety)