Done is Better Than Perfect: Menghadapi Peluang dan Tantangan Dunia Digital Marketing

Jumat, 1 Sep 2017

IMG_20170829_155045

 
JAKARTA (Pos Sore) — Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Hal itu kiranya sangat berlaku bagi Denny Santoso, seorang digital marketer berpengaruh di Indonesia. Sejak pertama kali ia merintis bisnisnya selalu berkaitan dengan hal-hal yang digemarinya.

Mulai dari berjualan CD games semasa sekolah karena pada saat itu games sedang booming, merintis bisnis suplemen kesehatan saat ia sedang menggandrungi fitness hingga masuk ke dunia digital marketing. Bagi Denny teknologi sangat membantu setiap aktivitasnya.

Pria kelahiran Malang ini mulai berkenalan dengan digital marketing pada 2008. Sebelumnya, Denny juga mencoba bisnis online dengan bermain saham, namun bursa saham tumbang dan modalnya tak berkelanjutan. Ia pun mencoba mencari peluang lain yang perlu dipelajari, yaitu internet marketing.

Inti dari digital marketing adalah membangun sistem yang bekerja secara otomatis dan menghasilkan mesin uang untuk Anda, jelas Denny melalui bukunya ‘Done is Better Than Perfect’. Ia menyadari, sistem yang bagus adalah yang bermanfaat untuk konsumen.

Denny pun mulai membangun situs web pertamanya www.panduandiet.com, yang dapat membantu menyelesaikan masalah orang-orang yang kelebihan berat badan. Melalui situs tersebut, Denny mengedukasi konsumen secara bertahap, mulai dari pola makan, latihan beban hingga penggunaan suplemen untuk membantu penurunan berat badan.

Sejak saat itu, bisnis yang dikembangkan Denny berbasis teknologi dan digital marketing. Selain di bidang kebugaran dan diet, Denny juga mengembangkan bisnis kecantikan, properti, bisnis sistem dropship melalui Supplier.id dan yang terakhir adalah digital marketing melalui DigitalMarketer.id.

Denny Santoso dikenal sukses mengembangkan media commerce sebagai trend masa depan bisnisnya. Keluarga adalah faktor terpenting yang membentuk kepribadian saya dan membangun mental sukses dalam diri saya.

“Keluargalah yang membuat saya bisa sukses seperti sekarang ini,” ujar Denny yang hingga saat ini tetap tinggal di Malang bersama keluarga kecil dan kedua orang tuanya.

Perjalanan tentang menemukan kesuksesan tanpa mengabaikan nilai-nilai kehidupannya itulah yang dibagi Denny melalui buku ‘Done is Better Than Perfect’. Family, Fitness, dan Freedom, merupakan tiga hal utama yang dipegang teguh Denny dalam menjalankan bisnisnya.

Keluarga sebagai poros hidup, maka setiap keputusan besar yang diambilnya harus selaras dengan keluarga. Fitness, saat tubuh sehat maka aktivitas dapat dijalankans ecara optimals. Dan freedom, di mana kebebasan waktu dan keuangan, dapat melakukan apa saja di mana saja.

Menurut Denny, kebanyakan orang tidak berani memulai bisnis karena merasa tidak punya modal, tidak cukup berbakat dan pikiran-pikiran negatif lainnya. Mengubah pikiran-pikiran negatif menjadi kekuatan untuk tumbuh dan maju adalah salah satu point penting yang diurai Denny melalui buku ketiganya ini. Selain itu, perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan siapapun yang ingin mulai berbisnis. (tety)