Kemnaker Gandeng Seknas PA Wujudkan Indonesia Bebas Pekerja Anak

Selasa, 19 Sep 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Ketenagakerjaan (Manaker) M Hanif Dhakiri menyambut positif tawaran kerja sama dari organisasi Sekretariat Nasional Perlindungan Anak (SEKNAS PA) untuk membantu Kementerian Ketenagakerjaan dalam mewujudkan percepatan Program Indonesia Bebas Pekerja Anak pada 2022.

Kemnaker juga mendukung penyelenggaraan “Jambore Anak” yang bakal digelar pada 12 Juli 2018, karena hal ini sejalan dengan program Indonesia Bebas Pekerja Anak pada tahun 2022 mendatang.

SEKNAS PA adalah organisasi baru yang dibuat pada Agustus 2017 dan beranggotakan Lembaga Perlindungan Anak di seluruh Indonesia (LPA).

Dalam pertemuan dengan Menaker, SEKNAS PA diwakili oleh Samsul Ridwan (LPA Jawa Tengah), Veronika Ata (LPA NTT), Aulia Suaibah (LPA Kepulauan Bangka Belitung) dan Fadiah Mahmud (LPA Sulawesi Selatan).

Hanif mengatakan seluruh pemangku kepentingan perlu mengambil peran dan terlibat secara aktif untuk mengeluarkan anak dari dunia kerja dan memberikan perlindungan anak dan hak-haknya agar dapat hidup tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabatnya.

Dia menambahkan untuk mendukung pelaksanaan Jambore Anak, Kemnaker akan merangkul organisasi-organisasi yang bergerak di perlindungan anak untuk mendukung terwujudnya percepatan program Indonesia bebas pekerja anak pada 2022. “

Program (Seknas PA) Jambore Anak, yang menentang pekerja sejalan dengan program Kemnaker Indonesia Bebas Pekerja Anak 2022.

Kemnaker menargetkan penarikan 17 ribu pekerja anak dari seluruh Indonesia pada 2017. Program PPA-PKH yang dimulai pada 2008 hingga akhir tahun 2016 telah berhasil menarik pekerja anak untuk dikembalikan ke dunia pendidikan sebanyak 80.555 orang pekerja anak.(hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015