Pencuri Rumah Kosong Tewas Ditembak

Selasa, 19 Sep 2017

JAKARTA (Pos Sore)- Berusaha melawan petugas ketika akan dibekuk, seorang pelaku pencurian spesialis rumah kosong berinisial SA,39, tewas ditembak petugas di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, kemarin

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono menjelaskan SA warga Tanjung Priok, Jakarta Utara ini telah tiga kali beraksi di tiga lokasi di Jakarta Utara, yakni Cilincing, Pademangan dan Penjaringan. Dalam aksinya tersangka mengantongi sekitar Rp 441 juta hasil kejahatannya.

Saat ditangkap, SA melakukan perlawanan dengan menembakkan senjata api ke arah petugas.

“Pelaku ini memang spesialis pencurian rumah kosong, dia tak segan melukai korbannya. Berdasarkan laporan yang kami terima jika ditotal, pelaku SA sudah menggasak kurang lebih sekitar Rp 441 juta,” ucap Kapolres, kemarin.

Kapolres menjelaskan, tersangka SA terendus polisi sedang mengemudikan mobil Toyota Camry di kawasan Pademangan, Jakarta Utara. Saat akan ditangkap, SA melawan dengan menembakkan senjata api ke arah petugas. Sempat terjadi baku tembak. Polisi pun terpaksa mengambil tindakan tegas dengan mengarahkan tembakan ke dada pelaku.

“Saat beraksi pelaku SA dibantu 2 tersangka lain berinisial P Dan S yang masih buron,” ungkapnya.
SA juga merupakan residivis kasus kejahatan yang sudah dilakukan berulangkali. Di antaranya pencurian senjata api milik anggota TNI, kasus uang palsu di Tanjung Priok, Kasus pencurian besi di pelabuhan Tanjung Priok, dan Kasus perkelahian di Madura.

“Pelaku juga telah berulangkali melakukan sejumlah aksi kejahatan. Saat ini kita tengah melakukan pengejaran tehadap dua pelaku yang masih buron,” tambahnya.

Dari tangan SA polisi menyita barang bukti 1 pucuk senpi rakitan, 8 butir peluru, 3 buah senjata tajam, dan 1 unit mobil Toyota Camry. (marolop)