Batik Rancangan Ivan Gunawan Jadi Ikon Kampanye Taiwan Excellence

Senin, 25 Sep 2017

IMG_20170925_212938

JAKARTA (Pos Sore) — Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) menjadikan batik sebagai ikon kampanye Taiwan Excellence di Indonesia sepanjang tahun 2017 ini. Batik dinilai cocok untuk mempresentasikan Indonesia sebagai negara yang memiliki beragam budaya.

Untuk itu, TAITRA menggandeng salah satu desainer handal yang dimiliki Indonesia saat ini, Ivan Gunawan untuk merancang batik spesial yang desainnya akan dipadukan dengan budaya Taiwan sebagai ikon mereka di Indonesia. Batik tersebut diberi nama ‘Taiwan Excellence East Goddess Batik’.

“Seperti yang dikatakan Ivan, motif East Goddess Batik itu mewakili kemakmuran, kebahagiaan, serta harapan. Dan, motif ini biasanya dirancang untuk para bangsawan,” kata Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Danny Liao, di Jakarta, Senin (25/9).

Dikatakan, desain tersebut sangat selaras dengan semangat Taiwan Excellence. Kualitas dan desain yang bagus dari produk-produk Taiwan Excellence selalu membawa kebahagiaan dan harapan hidup kita, dan membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Perjalanan dari kerjasama tersebut pun berlanjut hingga Ivan Gunawan bersama batik hasil karyanya diboyong ke Taiwan beberapa waktu lalu. Perjalanan Igun ke Taiwan dalam rangka mengenal budaya Taiwan serta melakukan sesi foto terhadap batiknya itu yang dipadukan dengan pemandangan di Taiwan.

Beberapa tempat yang disambangi Ivan di sana guna melakukan sesi foto tersebut antara lain Lotus Lake dan Taroko Park Mall di Kaohshiung, Songshan Cultural & Creative Park, Ximending, Taipei Art Museum, Fort San Domingo, serta Fisherman’s Wharf Tamsui.

Danny Liao merasa senang dengan kunjungan Ivan ke Taiwan. Terlebih dengan adanya sesi foto yang memadukan pemandangan Taiwan dengan batik khas Indonesia. Dia pun mengapresiasi gelaran fashion show yang menampilkan batik-batik karya Ivan Gunawan di sana. Yang ternyata mendapat respon positif dari masyarakat Taiwan.

IMG_20170925_212850

“Taiwan Excellence merupakan penghargaan bagi produk-produk inovatif Taiwan. Kami ingin fans Indonesia mengetahui lebih banyak tentang Taiwan. Karena itu, kami mengundang Ivan ke tempat-tempat indah di Taiwan, guna melakukan pemotretan dengan Taiwan Excellence Batik. Untuk memadukan batik yang cantik tersebut dengan pemandangan indah, yang kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia,” ujar Danny Liao.

Ketika mendengar nama batik, semua orang pasti akan langsung berpikir negara Indonesia. Karena itu, Danny berharap budaya Indonesia dan Taiwan yang terkandung dalam Taiwan Excellence East Goddess Batik dapat melebur dengan baik, sehingga kerjasama antara Indonesia dan Taiwan bisa semakin meningkat di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Ivan Gunawan merasa sangat antusias karena hasil karyanya bisa dipamerkan di Taiwan untuk pertama kali. Terlebih yang dipamerkan adalah batik, yang merupakan budaya asli khas Indonesia.

Ivan juga merasa senang karena telah diberi kesempatan oleh Taiwan Excellence untuk berkunjung ke Taiwan dan merasakan atmosfir masyarakat Taiwan yang memiliki budaya yang unik.

“Saya senang sekali bisa dapat kesempatan berkunjung ke negara yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Di sana kotanya bersih, rapi, makanannya enak-enak. Sambutan masyarakat juga cukup hangat dan mereka merespon positif batik-batik hasil karya saya,” ungkap Ivan Gunawan.

IMG_20170925_213020

Ivan menjelaskan, Taiwan Excellence East Goddess Batik mengambil motif bernuansa budaya Tionghoa dalam coraknya. Salah satu motif tersebut adalah ‘Megamendung’. Motif bercorak awan yang menurut Ivan melambangkan hubungan kerjasama Indonesia dengan Taiwan.

Motif lainnya adalah motif peranakan. Corak dari motif ini adalah akar-akaran, yang memiliki arti mencintai bumi dan sesama. Ivan mengaku berupaya menjadikan Taiwan Excellence East Goddess Batik sebagai batik modern yang bisa diterima oleh dunia internasional.

Salah satu caranya, dengan memberi motif abstrak dan salur pada bagian rendanya. Rancangan busana pada koleksi East Goddess juga sengaja dibuat agak ringan. Hanya berupa selembar kain yang dilapisi kain tertentu berkualitas baik. (tety)