Pemerintah Serius Mempersiapkan Lebih Baik penyelenggaraan Asian Games 2018

Senin, 2 Okt 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, memimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) guna membahas Evaluasi Sea Games Kuala Lumpur 2017 dan Persiapan Sukses Prestasi Asian Games dan Asian Para Games 2018.

RTM dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Ketua KOI sekaligus ketua INASGOC Erick Thohir, Ketua Satlak Prima Achmad Sucipto, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, Deputi Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Setwapres Bambang Widianto, serta perwakilan K/L lainnya.

Pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur lalu, Indonesia mengikuti 37 cabang olahraga dengan target perolehan 55 medali emas. Namun pada hasil akhir, Indonesia hanya mendapatkan 38 medali emas, dan berada di peringkat kelima.

Dengan capaian tersebut, Indonesia belum berhasil meraih target sesuai yang ditetapkan. Menyadari kondisi ini, Menko PMK menjelaskan, pemerintah Indonesia serius dan konsen untuk mempersiapkan lebih baik penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dikatakan, belum berhasilnya kontingen Indonesia dalam mencapai target yang ditetapkan pada Sea games 2017 tentu menimbulkan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan baik.

“Hal ini juga dapat menjadi momentum pembelajaran berikutnya bagi pemerintah dalam rangka meraih sukses prestasi penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 yang akan dilaksanakan kurang dari setahun lagi,” ujar Menko PMK.

Menko PMK juga menyebutkan beberapa persoalan yang berhasil diidentifikasi atas hasil Sea Games 2017 lalu. Di antaranya waktu penyiapan kontingen yang singkat, ketersediaan anggaran dan mekanisme pemanfaatannya, pembinaan atlet yang kurang memadai, hingga kelembagaan yang belum bersinergi satu sama lain.

Untuk itu, Menko PMK meminta agar dilakukan evaluasi komprehensif kepada semua stakeholder yang terlibat dalam sistem keolahragaan nasional sehingga penyiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018 mendatang lebih baik. (tety)