Perampok Nasabah Bank Tewas Ditembak

Selasa, 3 Okt 2017
istimewa

JAKARTA (Pos Sore) — Seorang perampok nasabah bank tewas ditembak karena berusaha melawan petugas Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya ketika hendak ditangkap di Jakarta, kemarin.

Selain menembak Hendri Kurniawan, 31 penyidik juga menangkap Ipo Ardiansyah alias Nopi, 33, Jonson Alkahfu, 36 dan Egal Saputra, 40.

Setiap beraksi, mereka memiliki peran masing-masing. Hendri Kurniawan yang tewas ditembak posisinya sebagai ‘kapten’.

Tersangka Jonson Alkahfu yang ditangkap di Kampung Nantal, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan bertugas sebagai pengamat dan mencari calon korban.

Ipo Ardiansyah als Nopi, sebagai pengesekusi harta korban misalnya yang bertugas merampas tas berisi uang dibekuk di Rawa Lumbu Kota Bekasi, Jawa Barat.

Tersangka Egal Saputra ditangkap di Jalan Harapan Desa Sukarami Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Sedangkan sang kapten, Hendri Kurniawan ditangkap di Cileungsi Bogor.

Saat Hendri dibawa untuk mencari kawannya yang lain berusaha melawan dan kabur dari petugas. Sehingga petugas memberikan tembakan peringatan dan tembakan untuk melumpuhkan ke kaki korban, namun pelaku masih saja kabur sehingga petugas menembak mati pelaku.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, komplotan ini terakhir beraksi di Jalan Kelapa Dua Wetan, Ciracas Jakarta Timur, 22 September 2017 sekitar pk 10:30 WIB. Korbannya Kurniawan dan Gayuh Datu yang membawa uang Rp. 25 juta milik PT. LSA.

Korban berboncengan sepeda motor sehabis mengambil uang di Bank Mandiri Cibubur. Saat melintas di lokasi, pelaku memepet korban dan berusaha merebut tas korban. Gayuh Datu mempertahankan dan berusaha lari, kemudian salah satu pelaku menembak korban mengenai pinggang belakang lalu mengambil tas korban. Beruntung korban selamat karena hanya tertembak di bagian belakang pinggangnya. (marolop)