Penipuan Gunakan Akun Palsu Digulung Polisi

Rabu, 4 Okt 2017
Istimewa/ilustrasi

JAKARTA (Pos Sore) —Enam Penipu melalui akun Facebook ditangkap Subdit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya di Jakata, kemarin. Mereka berhasil meraup hingga Rp80 juta dari hasil penipuannya. Korbannya IM, 45, warga Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Hendy F Kurniawan menungkapkan keenam tersangka yakni berinisial AG, 4, DD, 42, RR, 21, RB, 21, LL, 40, dan SG, 37 beraksi di balik jeruji Lapas Klas I, Lowok Waru, Malang, Jawa Timur.

“Modus mereka, salah satu pelaku, DD mencari korban via Facebook untuk melihat nama-nama keluarga korban,” ujar Hendy. Lalu profil WhatsApp (WA) DD, menggantinya dengan foto korban yang diambil dari foto profil miliknya.

Selanjutnya, DD dan AG menghubungi korban melalui WA untuk menipu mengatasnamakan keluarga korban. Kedua tersangka secara bergantian mengetik WA ke korban dengan berpura-pura menawarkan barang murah.

“Seperti barang berupa handphone atau berpura-pura meminjam uang dengan alasan ada keluarganya yang sakit,” ungkapnya.

Kemudian, korban diminta mentransfer ke rekening bank yang telah diberitahukan seolah-olah keluarga korban. Setelah korban transfer ke sejumlah rekening yang ditunjuk pelaku, maka kedua tersangka menyuruh tersangka lainnya untuk mengambil uang tersebut.

“Mereka meminta tersangka lain SG untuk mengambil uang atau dana diduga hasil kejahatan, dari milik LL, RB, RR, selaku pemegang rekening bank itu,” tuturnya.

SG setelah mengambil uang menyerahkannya ke AG dan DD yang digunakannya untuk kehidupan sehari-hari di dalam lapas. “Totalnya ada Rp 80 juta yang berhasil mereka dapat. Mereka beraksi sudah empat bulan,” jelasnya. (marolop)