6 Pesan Menaker Kepada Pemuda Magang YMG

Rabu, 1 Nov 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Sebelum berangkat ke Jepang untuk memgikuti program Technical Intern Training Program (TITP) yang digelar oleh Yayasan Matsushita Gobel (YMG) ke-32 calon peserta menerkima enam pesan daeri Menteri etenagakerjaan, M Hanif Dakhiri.

Ke-6 pesan itu adalah, pertama, sebagai duta bangsa, peserta magang diminta agar menjaga nama baik diri, keluarga dan bangsa selama di Jepang dengan menjaga perilaku sebaik-baiknya.

Kedua, agar memahami aturan hukum dan aturan lingkungan di Jepang serta mematuhil aturan-aturan itu agar tidak terjebak maupun terlibat dalam masalah.

Ketiga, agar para peserta magang mempergunakan kesempatan magang secara baik selama tiga tahun untuk meningkatkan kualitas skill secara pribadi, meningkatkan pengalaman dan wawasan dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Keempat, Para pemuda tidak tergoda bujuk rayu orang Jepang Indonesia untuk melakukan hal-hal tidak perlu. Misalnya keluar dari program pemagangan ditawarkan pekerjaan lain.

Kelima, pemuda yang magang belajar berhemat dengan menabung, latihan prestasi untuk masa depan. Kalau ada rezeki ditabung dan kelak punya modal jika kembali ke Indonesia.

Dan Pesan keenam, peserta magang agar menjelang musim dingin bisa menjaga kesehatan.

Menaker Hanif mengatakan pemerintah mendukung penuh program pemagangan TITP tiga tahun Panasonic Gobel karena selaras dengan program pemerintah. Pemerintah juga memiliki program pemagangan ke Jepang. Masih ada 20.000 calon pemagang dari Indonesia yang akan masuk dalam berbagai sektor dan industri.

Pemerintah sangat terbuka untuk memberikan pengakuan atas hasil pemagangan tiga tahun di Jepang tersebut. Tapi jauh lebih penting adalah pengakuan dari industri/swasta. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015