Penderita Alzheimer Bakal Dapat Penanganan Optimal

Jumat, 3 Nov 2017

JAKARTA (Pos Sore) — Kelompok sosial peduli Alzheimer Indonesia – Belanda berjanji akan akan membawa permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia ke Eropa dalam rangka menimba ilmu pengetahuan dan kerjasama dengan negara-negara Eropa dalam mengatasi permasalahan alzheimer di Indonesia.

Hal itu dikemukakan Amalia, koordinator Alzheimer Indonesia wilayah Belanda ketika mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 milik Dinas Sosial DKI Jakarta, kamis (2/11) sembari berharap kunjungan tersebut aka mampu menjembatani Indonesia ke Eropa.

Dia pun berharap kunjungan kelompok sosial penanganan Alzheimer ke panti itu bisa konsisten dan idak sebatas kunjungan semata namun ada kegiatan yang bermanfaat khususnya bagi para lansia yang berpotensi menderita ‘penyakit lupa’ tersebut.

“Kami berharap ada ide-ide dan masukan dari pemerintah yang disampaikan ke kami. Nanti masukan itu akan kami coba bawa melalui gambar dan video-video itu ke Eropa,” ujar Amalia.

IMG-20171102-WA0018

Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Marjito mengemukakan, penghuni panti rata-rata sudah lanjut usia dan telantar ini berpotensi mengalami alzheimer atau demensia.

“Mereka ada yang lupa alamat rumah, bahkan ada yang minta makan padahal sebelumnya sudah makan. Ini jadi tanda-tanda alzheimer,” ujar Marjito.

Ia melanjutkan, perlu ada sosialisasi penanganan alzheimer khususnya di DKI Jakarta. Karena selama ini kerap ditemukan lansia telantar di jalan-jalan kota Jakarta.

Lansia itu, lanjut Marjito, sering lupa alamat rumah, lupa keluarga, dan lain sebagainya. Akhirnya mereka pun dibawa dan dirawat di panti khusus lansia ini.

“Di DKI sudah ada pasukan ungu yang terdiri dari relawan dan petugas P3S Dinas Sosial yang akan menyelamatkan mereka di jalanan,” kata Marjito.

Namun, upaya itu tentu tidak selesai begitu saja. Harus ada sosialisasi bagi warga agar mengetahui tanda-tanda alzheimer dan penanganannya. Sehingga lansia yang terindikasi alzheimer tidak hilang dari rumah dan telantar di jalan-jalan kota. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015