Kemenkop Dorong UKM Indonesia Tingkatkan Hubungan Bisnis dengan Korea

Kamis, 9 Nov 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Lim Chae Un, President Small Medium Business Corporation (SBC) Korea mengatakan, pemerintah Korea memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan UKM di Korea. Karena itu, pihaknya melakukan kerjasama dengan UKM negara lain, khususnya Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM pun mendorong pengusaha UKM Indonesia untuk meningkatkan hubungan bisnis dengan UKM Korea. Keunggulan sumberdaya alam dan produk sumberdaya alam berdaya saing tinggi yang dimiliki UKM Indonesia, bisa dipadukan dengan pengusaha Korea yang dikenal unggul dalam teknologi.

“Sehingga selain bisa meningkatkan volume perdagangan antar dua negara, juga bisa terjadi transfer of knowledge, atau transfer of technology,” kata Agus Muharram, Sekretaris Kemenkop UKM, dalam
acara Korea- Indonesia SMEs Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (9/11).

Hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran I Wayan Dipta, Deputi Bidang Kelembagaan Meliadi Sembiring, serta President Asia Council Small Business (ACSB) dan ICSB (Indonesian Council Small Business) Hermawan Kartajaya.

Agus memaparkan, mayoritas pelaku ekonomi di Indonesia adalah UMKM. dengan jumlah lebih dari 59 juta. Sebanyak 98 persennya merupakan pengusaha mikro dan kecil.

Yang dimaksud pengusaha mikro, adalah usaha dengan omset sampai dengan Rp300 juta dan aset sampai dengan Rp50 juta. Sedang usaha kecil, dengan omset Rp300 juta – Rp 2,5 milyar dengan aset sampai dengan Rp500 Juta.

“Tentu di Korea ada penggolongan sendiri mengenai kriteria UKM, nah di sinilah kita upayakan adanya sinergi dengan UKM Korea,” kata Agus.

Sinergi yang dimaksud, Kemenkop UKM bersama Small Medium Business Coorporation (SBC) Korea mengadakan kegiatan Korea – Indonesia SMEs Cooperation Forum untuk meningkatkan kerjasama business matching, pemagangan dan transfer of technology and knowledge bagi kemakmuran UKM Indonesia dan Korea. 

No Tae Jin, Chairman INN BIZ Club (Asosiasi Pengusaha Korea di Indonesia), menambahkan ada banyak UKM Korea yang siap melakukan kerjasama dengan Indonesia.

“Perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia juga banyak yang melakukan kerjasama dengan UKM di sini. Kami melihat potensi UKM ini sangat besar,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani kerjasama antara IWAPI dengan SBC Korea, yang ditandatangani oleh Ketum IWAPI, Nita Yudi. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015