Program Pemagangan Beri Kesempatan Tingkatkan Kompetensi

Sabtu, 11 Nov 2017

JAKARTA (Pos Sore) – Menteri Ketenagakerjaan M.Hanif Dhakiri mengungkapkan tujuan utama pemagangan adalah meningkatkan kompetensi angakatan kerja dengan langsung menjalani proses pemagangan di dunia industri.

Dengan kata lain, magang yang berorientasi pada suatu jabatan tertentu dan sesuai standar industri akan memberikan ketrampilan kepada angkatan kerja sesuai kebutuhan dunia industri.

Saat membuka acara Rapat Kerja Nasional I Asosiasi Penyelenggaraan Pemagangan Luar Negeri (AP2LN), Jumat (10/11) Hanif mengatajan tujuan utama pemagangan adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak bangsa mendapatkan keterampilan.

Menaker juga menegaskan pemagangan sebagai bagian dari sistem pelatihan nasional merupakan bagian dari sistem pendidian nasional. Karena dalam proses magang ada keahlian tertentu yang di ajarkan pada peserta untuk mendapatkan skill, alih teknologi, dan berbagai keterampilan.

Saat ini, lanjut Menaker, angkatan kerja masih didominasi oleh masyarakat berpendidikan rendah. Di mana 60 persen dari total 131,5 juta angkatan kerja di Indonesia merupakan lulusan SD dan SMP yang rawan menjadi penganggur jika tidak dilatih dan memiliki kompetensi.

Hanif menambahkan, Pemerintah Indonesia terus meningkatkan akses dan mutu pelatihan kerja baik yang bersifat vocational training maupun retraining sebagai jembatan untuk masuk ke pasar kerja.

Kemnaker bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) juga telah menciptakan program pemagangan nasional yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Desember tahun 2016 lalu. Pada tahun 2018 ke depan, pemerintah menargetkan program pemagangan bisa diikuti oleh 400.000 orang dan dengan melibatkan 4.000 instruktur. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015