John Tobing Gerakkan Mahasiswa Lewat Lagu

Minggu, 12 Nov 2017

SLEMAN (Pos Sore) — Seniman sekaligus aktivis rformasi John Tobing meluncurkan album kedua berjudul “Bergeraklah Mahasiswa” di Sanggar Maos Tradisi asuhan Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sujito. Album ini secara khusus dipersembahkan untuk kalangan mahasiswa Indonesia.

Melalui album ini John Tobing berharap mahasiswa terinspirasi dan tergerak menjadi agen perubahan agar bangsa menjadi lebih baik.

Menurutnya mahasiswa Indonesia harus tahu bahwa saat ini masih banyak rakyat miskin di Indonesia. Untuk itu mereka harus menjadi motor perubahan melawan keterpurukan.

Dalam peluncuran album itu, hadir Menaker M Hanif Dhakiri meminta aktivis buruh di seluruh Indonesia untuk tidak lagi menyampaikan aspirasi dengan cara berdemo turun ke jalan melainkan ditempuh melalui dialog dengan pendekatan seni dan budaya seperti yang dilakukan seniman John Tobing.

Saat ini, kata Menteri Hanif, ruang politik sudah semakin terbuka. Masyarakat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pemimpinnya. Kaum buruh bisa dengan mudah berkirim pesan dan menyampaikan ide-ide kepada pemerintah. Kesenian dan kebudayaan bisa menjadi instrumen baru yang efektif  dalam  menyampaikan apa yang buruh perjuangkan selama ini.

Menurut Hanif, melalui dialog dengan pendekatan kesenian dan kebudayaan orang akan lebih objektif dan jernih dalam melihat persoalan yang ada. Ruang kebudayaan dan dialog menjadi sangat penting sebagai sarana berkomunikasi di tengah perbedaan yang ada dalam rangka menemukan terobosan baru demi meningkatkan kualitas dari harmoni sosial. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015