Potensi Ikan Besar, Nasib Nelayan Masih Terpuruk

Minggu, 12 Nov 2017
Menajer M Hanif Dakhiri Ketika Berbicara Di Depan Mahasiswa Undip Semarang

SEMARANG (Pos Sore) — Sektor perikanan dan kemaritiman Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar. Namun  belum dikelola secara baik agar memiliki hasil yang maksimal.

Untuk itu sangat perlu dibangun sistem industri perikanan yang mampu menghasilkan produk berkualitas secara masif dan mampu menyejahterakan nelayan.

Menaker M hanif Dakhiri ketika menjadi pembicara di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu (11/11), mengatakan perkembangan perikanan saat ini sangat pesat tetapi masih tertinggal dari negara lain. Kuncinya ada di sumber daya manusia yang dituntut harus memiliki daya saing.

Indonesia harus memiliki industri perikanan yang bisa menghasilkan produk berkualitas dan banyak sekaligus mampu melindungi pelaku bisnisnya. Jika bicara soal kualitas dan kuantitas maka proses distribusinya harus cepat dan harga terjangkau.

Hanif mencontohkan, di Maluku dan Papua potensi ikannya besar namun, penduduk di sana masih menangkap ikan dengan cara yang tradisional seperti menggunakan tombak dan jaring

Padahal di satu sisi pemerintah berkeinginan terlahir industri kelautan yang kompetitif sehingga pendapatan nelayan bisa membaik. Namun,

Hanif menambahkan, industri perikanan juga harus bisa menyejahterakan nelayan. Pasalnya selama ini meski hasil laut Indonesia sangat melimpah, akan tetapi nelayan masih hidup dalam kemiskinan. Masih banyak nelayan yang belum mendapatkan jaminan sosial meskipun padahal pemerintah telah memiliki skema jaminan sosial untuk masyarakat melalui BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Diperlukan adanya standar kompetensi di bidang perikanan dan adanya penyesuaian dari dunia kuriulum pendidikan agar para lulusannya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015