Baru 13.624 Perusahaan Yang Daftar PKB

Selasa, 14 Nov 2017

BOGOR (Pos Sore) – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan terus mendorong meningkatnya jumlah Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di perusahaan-perusahaan agar sesuai rencana strategis nasional (renstranas) yang menargetkan penambahan jumlah PKB yang didaftarkan.

Saat ini jumlah perusahaan yang memiliki PKB di Indonesia dinilai masih rendah walaupun jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Kemnaker, Haiyani Rumondang, saat memberikan sambutan pada acara Training of Trainers (ToT) dengan Thema ‘Terampil Berunding dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama (PKB)’ Minggu (12/11) malam mengatakan pihaknya mengadakan kegiatan TOT ini untuk mempercepat penambahan PKB serta meningkatkan kualitas isi dari PKB tersebut.

Data menunjukkan pada 2015, perusahaan yang telah mendaftarkan PKB tercatat 13.210 perusahaan. Setahun berikutnya, meningkat menjadi 13.371 dan pada 2017 naik lagi menjadi 13.624 perusahaan.

Dia menambahkan, pembuatan PKB dewasa ini baik di sektor swasta maupun BUMN masih terdapat kendala dalam penentuan tim perunding dari unsur Serikat Pekerja (SP)/Serikat Buruh (SB) khususnya pada perusahaan yang memiliki lebih dari satu SP/SB shingga sering berlarut-larut pembutannya.

Untuk itu dengan adanya ToT ini diharapkan terlahir 65 trainer yang andal dsan memiliki kompetensi dalam pembuatan PKB yang didukung dengan pemahaman peraturan perundang-undangan dan juga mampu memberikan pemahaman dan terampil berunding dalam pembuatan PKB yang efektif dan efisien bagi para stakeholders hubungan industrial. (hasyim)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015