Delegasi Perempuan Jepang ‘Studi Banding’ ke KOWANI

Rabu, 15 Nov 2017

IMG-20171114-WA0030

JAKARTA (Pos Sore) — Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) mendapat kunjungan tak biasa dari 15 perwakilan perempuan dari Okayama, Jepang, Selasa (14/11). Mereka menyebutkan diri dengan ‘Okayama-Asia Women’s Exchange Delegation Group to Indonesia 2017′.

Ketua Umum KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd, didampingi Titien Pamudji, SIP (Sekjen Kowani), Lia Tono Suratman (Ketua Kowani) dan Dewan Pimpinan Kowani lainnya, menyambut hangat kunjungan 15 orang dari Okayama, Jepang, itu.

IMG_20171114_111837

Kedatangan rombongan yang dipimpin Katayama Hiroko itu disambut dengan tarian ‘Selamat Datang’ oleh 3 orang penari Jepang. Para penari ini begitu menguasai tari yang beriramakan musik gamelan Bali. Tak kalah luwes dengan penari-penari Indonesia.

Di hadapan para perempuan Jepang ini, Giwo memaparkan sejarah terbentuknya KOWANI. Betapa perempuan Indonesia di masa-masa perjuangan begitu tangguh, bersama para pejuang lainnya mengusir penjajah menuju kemerdekaan Republik Indonesia.

IMG_20171115_065454

“Jika dulu KOWANI berjuang melawan penjajahan hingga tercapai kemerdekaan Indonesia, maka KOWANI sekarang mengisi kemerdekaan Indonesia dengan pembangunan di segala bidang, khususnya ditujukan untuk perempuan dan anak Indonesia,” papar Giwo.

Giwo juga menyampaikan, perjuangan KOWANI agar Laksamana Malahayati ditetapkan sebagai Pahlawan Perempuan Nasional, akhirnya terwujud. Karena pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini, sang Laksamana pun dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional. Kini, jumlah Pahalwan Perempuan Nasional menjadi 13.

“Kita (masyarakat Indonesia) harus banyak contoh dan role model pahlawan perempuan. Karenanya, Kowani punya kewajiban sebagai Ibu Bangsa. Kami ingin meneruskan perjuangan 13 Pahlawan Perempuan sesuai dengan bidangnya masing-masing,” tutur Giwo.

Setelah memaparkan program-program KOWANI, Giwo berharap pertemuan ini dapat membuka jalan awal dan kesempatan untuk bekerja sama, saling berbagi informasi maupun bersinergi demi kepentingan perempuan dan anak di kedua negara.

IMG_20171114_120100

Ketua Okayama-Asia Women’s Exchange Delegation Group to Indonesia 2017 Hiroko Katayama, menyampaikan kedatangannya beserta anggota delegasi ke KOWANI untuk mempelajari lebih dalam mengenai organisasi KOWANI sekaligus bersilaturahmi.

“Rombongan kami terdiri dari segala profesi. Ada manajer, ibu rumah tangga, perawat, direktur, dosen, dan pengusaha,” kata Hiroko, yang juga Ketua Okayama Institute Language.

Pihaknya sangat terkesan dengan upaya yang dilakukan Kowani di berbagai bidang. Meski singkat, ilmu yang didapat sangat bermanfaat bagi Okayama. Ilmu yang akan diterapkannya di sana.

“Pertemuan ini juga semakin menghangatkan hubungan ntara Indonesia dengan Jepang mengingat bapak mertua dari Ibu Giwo dulunya Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang,” katanya. (tety)

Populer
Terkomentari
Bertekad Terus Berjuang
Prabowo: Jangan Jadikan RI Jadi Pesuruh Asing
Jumat, 22 Agustus 2014
Yang Muda Yang Berprestasi
‘Drizzle’ Gebrak Blantika Music Thrash Metal Di Bekasi
Minggu, 2 Maret 2014
ie_osh Batik Terobos Pasar Dunia
Sabtu, 22 Maret 2014
Dinilai Tak Mampu Dongkrak Daya Saing Industri
Jokowi Diminta Copot Saleh Husin
Senin, 8 Juni 2015
Tiga SKPD di Tasikmalaya Saling Tuding
Keberadaan Gudang Meresahkan Warga
Kamis, 8 Oktober 2015