Warga Yang Tak Terdaftar Dalam DPT Bisa Gunakan e-KTP

POS SORE — Pilkada serentak tinggal hitungan jari, KPU Kota Bekasi meminta warga yang belum mendapatkan formulir C6 atau surat undangan untuk hadir dalam pemungutan suara pada Rabu 27 Juni 2018 segera melaporkan ke Petugas Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan.

“Warga juga harus aktif cek Daftar Pemilih Tetap (DPT) apakah ada namanya, juga tanyakan kepada petugas bagi yang belum dapat C6, kemungkinan warga yang belum dapat itu karena saat didatangi petugas lagi tidak ada dirumah, atau memang belum didatangi petugas mengingat penyerahan C6 terakhir hingga H-1 jelang pencoblosan,” tutur Komisioner KPU Kota Bekasi, Syafrudin Senin (25/6).

Syafrudin mengatakan jika hingga hari pencoblosan warga yang masuk dalam DPT tetapi belum mendapatkan undangan C6, bisa mencoblos dengan menunjukan e-KTP.

Namun untuk warga yang punya KTP elektronik tapi belum masuk dalam DPT dan tidak dapat undangan, dianjurkan untuk segera melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa atau Kelurahan untuk masuk di dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Kalau namanya tidak ada, segera lapor agar bisa masuk dalam DPT tambahan. Kalau sampai hari pencoblosan juga tidak masuk dalam DPT tambahan, bisa datang langsung ke TPS sesuai domisili di e-KTP dan boleh milih pada pukul 12.00 hingga 13.00,” ujarnya.

Penyebaran undangan akan dilakukan sampai dengan H-1 pemungutan suara, Selasa 26 Juni 2018. Ia menghimbau warga yang mendapatkan undangan C6 saat ke TPS juga membawa KTP elektronik.

Selain itu, kata dia, untuk warga yang hendak menggunakan hak pilihnya diluar TPS domisilinya harus terlebih dahu meminta formulir A5 atau surat keterangan pindah pemilih dari PPS yang ada di Kelurahan atau Desa dan melaporkannya ke PPS untuk TPS yang dituju.

“Tapi di TPS asal harus sudah tahu dia mau nyoblos di TPS mana kelurahan mana. Idealnya dia harus memberitahukan sebelum pencoblosan ke petugas TPS yang dituju,” paparnya. (emf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!