24.2 C
New York
06/08/2020
Aktual Kesra

Kompetisi Menyanyi Mars Brigade 08 Upaya Tularkan Semangat Nasionalisme

JAKARTA (Pos Sore) – Banyak cara untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Organisasi Kemasyarakatan Brigade 08 pun menggelar kompetisi menyanyi lagu mars Brigade 08 yang dikhususkan untuk pengamen atau musisi jalanan.

Mengapa musisi jalanan? Karena merekalah yang lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga diharapkan semangat nasionalisme yang dikobar para musisi ikut menular kepada orang-orang di sekitarnya.

Kompetisi selama sepekan dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun, ini tak nyana banyak diminati. Ada sekitar lebih dari 100 musisi  jalanan mengikuti kompetisi menyanyikan lagu Brigade 08.

Minggu (19/8) menjadi hari penentuan para pemenang kompetisi. Pada babak final ini, para juri yang terdiri dari Aris Idol (penyanyi dan musisi) dan Barbie Kumalasari (artis sinetron) pun memutuskan Ade sebagai juara I, Riko juara II dan Ariel juara III. Sementara juara favorit diraih Tanjung dan Nada.

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, sertifikat dan merchandise, para pemenang nantinya akan dilibatkan dalam setiap kegiatan yang digelar Brigade 08.

Usai pengumuman pemenang, Ketua Umum Brigade 08 Zecky Alatas menyampaikan pihaknya ingin para musisi jalanan ini sambil mengamen ikut menularkan semangat dan jiwa nasionalisme. Juga menularkan semangat kerja keras dan pantang menyerah.

Menurutnya, dengan area mengamen dan memainkan musik tidak terbatas pada lokasi dan waktu, musisi jalanan sesungguhnya memiliki kesempatan menyapa pendengar,  penyuka musik maupun masyarakat lainnya lebih besar. 

“Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme rakyat. Sesungguhnya kita semua adalah rakyat, tak ubahnya dengan para pengamen dan musisi jalanan,” ujarnya.

Jika mereka mendapatkan panggung untuk mengekspresikan jiwa seninya, tentu pengamen dan musisi jalanan tak akan kalah dengan mereka penyanyi yang sudah memiliki nama.

“Banyak musisi kita yang saat ini punya kiprah bagus di panggung musik, berawal dari jalanan, musisi yang sebelumnya tidak diperhitungkan,” tambahnya. (tety)

Related posts

Pengiriman Paket Ciu ke Jakarta Digagalkan

Tety Polmasari

Dirut BTN Maryono: Ajak Mahasiswa Sambut Industri 4.0

bambang tri

Kisah Sukses Bupati Purwakarta dan Bupati Bantaeng Membangun Wilayahnya

Tety Polmasari

Leave a Comment