Giwo Rubianto: Ibu Bangsa Berperan Wujudkan Ketahanan Keluarga

JAKARTA (Pos Sore) — Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo, menegaskan, perempuan sebagai Ibu Bangsa berperan mewujudkan ketahanan keluarga sebagai pilar membangun negara yang adil dan sejahtera.

“Jangan remehkan kaum perempuan. Jangan sesekali memandang sebelah mata kepada perempuan,” tegasnya dalam Seminar ‘Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa’, di Jakarta, Rabu (5/12).

Seminar ini diselenggarakan oleh Panitia Nasional Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 yang difasilitasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan menggandeng 6 organisasi perempuan antara lain OASE, Kowani, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan Pusat,  Bhayangkari dan Tim Penggerak PKK.

Hadir sebagai narasumber yaitu Petty S. Fatimah dengan materi ‘Sumberdaya manusia yang andal dan berdaya saing menjadi potensi membangun pembangunan yang inklusif dan partisipatif’. Sementara itu, Dr. (H.C). Martha Tilaar membawakan materi ‘SDG’s memastikan bahwa tidak ada satupun kelompok masyarakat yang tertinggal dalam pembangunan’.

Pembicara lainnya, H. Mochamad Ridwan Kamil, ST,MUD dengan materi ‘Kemitraan antara laki-laki dan perempuan dalam mewujudkan keterwakilan perempuan di politik’, dan Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dengan materi ‘Bersama Wujudkan Negara yang Adil dan Sejahtera Melalui Gerakan Revolusi Mental’.

Giwo melanjutkan, berdasarkan fakta, perempuan adalah pilar kokoh bangsa, penentu masa depan bangsa. Di tangan perempuan ada masa depan bangsa. Sebab perempuan punya tugas mendidik generasi bangsa yang unggul, berdaya saing, dan berjiwa nasionalis.

“Ibu bangsa lahir sebelum Kemerdekaan RI. Dan, hasil Kongres Kowani 1935, memutuskan bahwa perempuan Indonesia wajib menjadi Ibu Bangsa. Jadi, kehadiran Ibu Bangsa itu bukan menyaingi kelompok yang menamakan diri ‘Emak-Emak’ seperti yang banyak dihembuskan akhir-akhir ini,” kata Giwo.

Dijelaskan, Ibu Bangsa lebih dari sekadar ibu biologis, tapi penentu masa depan bangsa karena tugasnya menyiapkan generasi bangsa. Meski berbeda kodrat antara perempuan dan laki-laki, tapi mempunyai peran sama sebagai mitra.

Peran utama Ibu, kata Giwo adalah menyiapkan generasi penerus yang unggul dan berdaya saing dan berjiwa nasionalis. Ibu bangsa bersifat universal yang harus bisa menghadapi perkembangan global. “Ibu adalah guru besar dan profesor di rumah. Membuat keluarga dari zero menjadi hero,” tandasnya.

Karenanya, Giwo mengajak semua Ibu Bangsa untuk concern menyiapkan generasi bangsa yang siap menghadapi perkembangan zaman. Hal penting lainnya bagi kaum perempuan adalah bagaimana kemampuan merawat diri sendiri.

“Tidak cukup seorang wanita pintar saja (hard skill), tapi harus punya soft skill, mampu mengelola dan merawat diri sendiri,” tandasnya.

Sebelum acara diskusi panel dilaksanakan penganugerahan IBU BANGSA kepada Ibu Hj. Sinta Nuriyah Wahid yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Kowani, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd.

Dalam keterangannya Giwo Rubianto mengatakan, pemberian gelar ‘Ibu Bangsa’ kepada Sinta Nuriyah menjadi bukti dalam implementasinya Ibu Bangsa telah mengambil peran penting di bangsa ini, sebagai pejuang. “Apa yang telah dilakukan Ibu Sinta Nuriyah Wahid adalah teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara itu, Sinta Nuriyah Wahid mengapresiasi pemberian penghargaan sebagai ‘Ibu Bangsa’. “Ini suatu penghargaan yang luar biasa kepada perempuan Indonesia dan memotivasi untuk bisa berbuat lebih banyak bagi bangsa ini,” kata Sinta Wahid.

Dikatakannya juga, Ibu Bangsa harus memiliki sifat yang inklusif, di tengah keluarga, lingkungan sekitar, komunitas, bangsa dan negara.

Diskusi panel sendiri dihadiri 350 undangan yang terdiri dari pelaku sejarah Indonesia, tokoh perempuan Indonesia, Tim Ahli Kowani, Mitra Kowani, Pimpinan organisasi perempuan, Wanita TNI dan POLRI dan  Generasi Muda (Mahasiswa, SMU/SMK). (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!