Milad ke-19, PKPU HI Ajak Masyarakat Indonesia Peduli Kemanusiaan

JAKARTA (Pos Sore) — Tak terasa PKPU Human Initiative kini berusia 19 tahun. Perjalanan lembaga kemanusiaan nasional untuk sampai di usia ini tentu tidaklah mudah. Segala pencapaian diraih penuh pergulatan dan cobaan, namun semua dilakukan demi kemanusiaan.

Presiden PKPU Human Initiative, Agung Notowiguno, berharap tahun ini menjadi lembaga kemanusiaan yang terus menebarkan semangat kemanusiaan ke berbagai pelosok negeri bahkan di tingkat internasional.

“Bertambahnya usia PKPU Human Initiative menjadi momentum yang tepat untuk semakin mengobarkan kekuatan hati dan semangat kemanusiaan. Kekuatan hati akan menumbuhkan semangat dan membangkitkan energi yang menyalakan cahaya inisiatif-inisiatif kebajikan manusia,” katanya.

Usai event kemanusiaan bertajuk ‘Spirit of Humanity Forum 2018’, di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (18/12), Agung menambahkan, momentum bertambahnya usia, semestinya semakin mengobarkan kekuatan hati serta semangat kemanusiaan.

“Di usia ke-19 ini, kami terus bersinergi, melanjutkan gerak kolaborasi dengan Iebih baik lagi. Mohon dukungan dan doa, semoga kami amanah dan selalu bekerja setulus hati,” katanya.

Dalam kegiatan ‘Spirit of Humanity Forum 2018’, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno LP Marsudi, menerima penghargaan dari PKPU HI sebagai The Best Humanitarian Diplomacy Leader.

“Kontribusinya mewakili Indonesia dalam melakukan diplomasi isu kemanusiaan internasional menjadi salah satu alasan kami memberi penghargaan kepada Ibu Retno,” ungkap Agung.

Menteri Retno pun berkesempatan melakukan penandatanganan ‘Humanity Report: Bingkai Kemanusiaan’ yang merekam aksi kemanusiaan PKPU HI selama 3 tahun terakhir. PKPU ingin mengajak seluruh pelaku kemanusiaan di Indonesia agar dapat bergerak bersama memberikan kebermanfaatan hingga menyentuh dunia internasional. Terlebih Indonesia dinilai sebagai negara paling dermawan di dunia, mengalahkan negara-negara lainnya.

Retno yang juga memberikan keynote speech, menyampaikan, tantangan kerja kemanusiaan akan semakin berat. Penyebabnya, keamanan dunia yang belum membaik juga yang tentunya berdampak pada isu-isu kemanusiaan.

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meraih ‘Human Initiative Awards 2018’. Ia dinilai telah berjasa dan berperan banyak dalam bidang kemanusiaan, terutama dalam menyampaikan informasi terkini mengenai bencana.

“PKPU Human Initiative memberikan apresiasi terhadap para kontributor dan pelaku kemanusiaan dalam ajang Human Initiative Awards 2018. Apresiasi ini juga merupakan wujud terima kasih PKPU HI agar semakin banyak pihak yang terlibat dalam menuntaskan permasalahan kemanusiaan,” ujar Agung.

Rangkaian acara ini juga diisi dengan Dialog Kemanusiaan bertajuk Humanity Outlook 2019 bersama Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Peter Holtsberg selaku Deputy Country Director of World Food Programme (WFP) dan CEO BADR Interactive, Topan Bayu Kusuma.

Dialog yang dipandu moderator ternama Alfito Dinnova tersebut membahas tentang prediksi isu-isu kemanusiaan ke depan, sekaligus memprakirakan langkah strategis menghadapinya.

Acara ini juga menghadirkan para Penerima Manfaat yang selama ini membersama para mitra PKPU Human Initiative. Testimoni dan apresiasi disampaikan kepada para donatur yang selama ini telah membantu mewujudkan #SolusiPeduli dalam membangun kemandirian penerima manfaat. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!