Ke Washington DC, Jazuli Bicarakan Penindasan Komunis China di Uighur

Possore.com– Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini bersama Sekretaris Fraksi PKS Sukamta mendampingi Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri melakukan lawatan ke Washington DC, Amerika Serikat, pekan lalu.

Mereka melakukan serangkaian agenda di negara Paman Sam itu sebagai acara kunjungan kerja resmi Fraksi PKS DPR RI diantaranya bertemu dengan Anggota Senior Kongres AS David Price di Kantor Kongres AS (Kamis 21/12) siang waktu setempat.

Pada pertemuan hangat yang turut didampingi Wakil Duta Besar Indonesia untuk AS tersebut dibahas berbagai topik tentang penguatan kerjasama dua negara umumnya serta antarparlemen dan Fraksi PKS khususnya.

Selain itu, Jazuli juga menyampaikan kepedulian PKS terhadap sejumlah isu termasuk Hak Asasi Manusia (HAM) di belahan dunia termasuk yang terjadi di Palestina, Rohingnya dan Uighur di China.

“Hari ini kami menemui Anggota Senior Kongres AS David Price dan menyampaikan langsung keinginan untuk meningkatkan kerjasama bilateral antarparlemen Indonesia-AS,” kata Jazuli dalam keterangan tertulis melalui WhatssApp (WA) kepada Possore.com, pekan ini.

Dikatakan anggpta Komisi I DPR RI yang membidangi luar negeri dan pertahanan tersebut, secara khusus Fraksi PKS membuka diri untuk kerjasama peningkatan kualitas demokrasi dalam area kepartaian dan keparlemenan dengan Amerika Serikat.

“Kami juga mengundang David Price untuk hadir ke Indonesia dalam acara konsolidasi Anggota Legislatif Nasional PKS pada Januari 2018,” kata wakil rakyat dari Dapil III Provinsi Banten tersebut.

Di kesempatan itu, kata politisi senior ini, pihaknya juga menyerukan AS sebagai negara adidaya untuk semakin berperan aktif dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia, pembelaan HAM dan rakyat tertindas di berbagai belahan dunia seperti yang terjadi di Palestina, etnis Rohingnya dan minoritas muslim Uighur di Cina.

Tanpa bermaksud mengintervensi politik luar negeri Pemerintah AS, kata laki-laki kelahiran Bekasi 3 Maret 1965 itu, kami mengharapkan kesamaan agenda dalam upaya mempromosikan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Juga pembelaan HAM dan pembebasan rakyat yang masih terjajah atau tertindas di berbagai belahan dunia khususnya terhadap rakyat Palestina, etnis Rohingnya di Myanmar dan minoritas muslim di Uighur Cina.

“Kami suarakan kemerdekaan penuh Palestina dan kebebasan hak asasi manusia bagi etnis Rohingnya dan minoritas muslim Uighur di China,” tandas Jazuli.

Upaya tersebut, lanjut Anggota DPR yang juga mubaligh itu, sebagai satu-satunya jalan untuk mewujudkan tata dunia yang lebih aman, damai dan bermartabat. Dan, itu semestinya menjadi tanggung jawab kolektif seluruh bangsa di dunia termasuk Indonesia dan AS.

Kunjungan Fraksi PKS tersebut mendapat sambutan hangat dan bersahabat dari David Price. Menurut anggota senior Kongres AS itu, jelas Jazuli, kerjasama AS dan Indonesia semakin kuat dari masa ke masa dan dia berharap akan terus dapat ditingkatkan.

“David Price juga sangat konsen terhadap peningkatan kualitas demokrasi, perdamaian dunia dan hak asasi manusia sebagaimana harapan Fraksi PKS. Semoga,” demikian Jazuli Juwaini. (decha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!