Dewi Motik: Batavia Cafe, Restoran Modern yang Suguhkan Kopi dan Menu Nusantara

JAKARTA (Pos Sore) — Meski baru dibuka setahun lalu oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Batavia Cafe Bintaro, yang menyajikan aneka kopi dan makanan nusantara, sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Buktinya, semakin sering masyarakat yang tergabung dalam satu komunitas menggelar pertemuannya di sini.

Tak hanya itu. Pendiri Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Dewi Motik Pramono, pun berkesempatan makan siang bersama rekan-rekannya di cafe yang dikelola Susanty Widjaya, ini. Nilai ke-Indonesiaan dalam aneka sajian di cafe ini yang menjadi nilai jual tersendiri.

Karenanya, Dewi Motik mengajak pengusaha kafe dan restoran seluruh Indonesia untuk menguatkan kuliner nusantara. Ragam kuliner di berbagai daerah, dinilainya akan lebih banyak menarik kunjungan turis ke berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Dewi, Indonesia memiliki tradisi kuliner terkaya di dunia yang memiliki ciri khas rasa yang kuat. Bahkan, beragam makanan khas Indonesia ini juga mencerminkan budaya dan tradisi nusantara.

“Kuliner khas di setiap daerah, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan wisata kuliner nomor satu di dunia,” kata Dewi di Batavia Cafe, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (7/1).

Batavia Cafe, menurutnya, salah satu restoran modern yang menyuguhkan menu tradisional khas Jakarta, di antaranya soto Betawi dan pecak ikan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia, yang juga pemilik Batavia Cafe Susanty Widjaya, mengatakan selain makanan khas Jakarta, juga menyediakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Yang menjadi khas di restoran kami adalah kopi selfi. Maksudnya, pembeli bisa melihat wajahnya sendiri pada kopi yang disuguhkan,” terangnya.

Dikatakan,dibukanya Batavia Cafe Bintaro untuk memberikan tempat kuliner bagi generasi muda, agar bisa menikmati hidangan dan kopi nusantara. 

“Saya ingin anak-anak muda kita kalau nongkrong jangan di gerai-gerai kopi asing. Saya miris melihat gaya hidup anak-anak muda jaman sekarang. Karena nyatanya, Indonesia itu kaya dengan kopi nusantara,” ujarnya.

Itu sebabnya, di Batavia Kopi menyajikan banyak varian kopi yang berasal dari daerah unggulan. Seperti, Kopi Gayo, Mandailing, Sidikalang dari Sumatera, Bajawa dari Flores NTT, Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan, Kopi Bali, Kopi Papua, Kopi Ijen dari Jawa Timur, Kopi Luwak, Kopi West Java Estate, Cold Brew Wine dan banyak lagi.

“Semua kopi yang disajikan murni diambil dari daerah setempat dan hasil panen petani Indonesia. Selain memperkenalkan pesonal Indonesia melalui secangkir kopi, juga menambah wawasan para penikmatnya untuk lebih mengenal kopi nusantara,” tambah Susanty Widjaya.

Batavia Cafe Bintaro, memang sangat cocok sebagai tempat nongkrong di Bintaro. Terlebih dilengkapi fasilitas wifi, westafel, colokan, dan aneka spot foto bagus untuk mengabadikan momen kunjungan. Harga aneka sajian pun cukup bersahabat alias terjangkau seluruh kalangan. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!