Orange Tulip Scholarship Tawarkan 65 Program Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Indonesia

JAKARTA (Pos Sore) — Nuffic Neso Indonesia yang memprakarsai sekaligus mengelola program Orange Tulip Scholarship (OTS) mengundang calon mahasiswa Indonesia untuk mengisi 65 program beasiswa dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari € 700.000.

Inty Dienasari, Coordinator Education Promotion, menjelaskan, Orange Tulip Scholarship (OTS) adalah program beasiswa parsial (tidak mendanai penuh) yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi (universitas) di Belanda dan dikelola oleh Nuffic Neso Indonesia.

“OTS bertujuan untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda bagi para pelajar unggul di Indonesia yang berminat mengikuti studi untuk jenjang sarjana (bachelor) atau pasca sarjana (master),” terangnya, di Jakarta, kemarin.

Jumlah OTS yang ditawarkan oleh masing-masing institusi pendidikan berbeda-beda. Secara umum, penerima beasiswa OTS akan mendapatkan potongan mulai dari 30% – 100% biaya studi atau tanggungan biaya hidup per bulan.

“Sisa biaya yang tidak didanai oleh OTS ditanggung oleh penerima beasiswa dengan sumber dana pribadi atau sponsor lainnya,” lanjutnya.

Untuk mendaftar OTS cukup mudah, persyaratan dapat dilihat di website Nuffic Neso Indonesia. Secara umum di antaranya formulir OTS dan bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (letter of acceptance) dari institusi pendidikan yang ada dalam skema OTS.

“Pendaftaran OTS sudah dibuka dengan tengat waktu yang bervariasi antara 1 Januari sampai 1 Mei 2019,” katanya.

Program studi yang ditawarkan oleh OTS sangat beragam, mulai dari ekonomi, bisnis, medical sciences, arts, komunikasi internasional, dan sebagainya.

Universitas yang berpartisipasi dalam program OTS di antaranya University of Amsterdam yang menduduki peringkat 100 besar di Times Higher Education dan QS World University Ranking memberikan potongan biaya pendidikan sebesar € 12,000.

Selain itu, University of Groningen Graduate School of Medical Sciences yang memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa Indonesia untuk memperoleh pengetahuan akademik di bidang medis. Universitas ini memberikan potongan biaya pendidikan sebesar € 36,000 serta biaya hidup per bulan sebesar €875.

Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di www.nesoindonesia.or.id/ots/skema2019-2020. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!