Tahun ini Kemenkop Fokus Pelatihan Vokasional Bagi Wirausaha Pemula

JAKARTA (Pos Sore) -– Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun ini akan lebih fokus dan memprioritaskan pelatihan vokasional bagi para wira­usaha pemula (WP) dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Deputi bidang Pe­ngembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Nury­anto, mengatakan, hal itu sesuai dengan ins­truksi Presiden Joko Widodo ter­kait pengembangan SDM.

“Kita akan lebih memperba­nyak praktik ketimbang teori-teori, dengan proporsi 70:30. Karena itu, kita akan te­tap menggelar pelatihan, baik kewirausahaan dan perkope­rasian. Pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat,” katanya, di Jakarta, Jumat (1/2).

Dikatakan, pe­ngembangan kewirausahaan akan menyasar 8.790 calon wirausaha melalui pemasyara­katan kewirausahaan, pelatihan kewirausahaan, pelatihan tech­nopreneur, dan kewirausahaan sosial.

Kemenkop juga akan melakukan peningkatan kualitas SDM KUKM bagi 3.500 pelaku UMKM melalui pelatihan vokasi. Pada 2019 ini juga kementerian akan meningkatkan pengembangan SDM usaha mikro dan kecil bagi 500 pemuda melalui fasilitasi magang.

Untuk tahun ini, pihak­nya akan menggelar program magang tersebut di lima provinsi, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Yogyakarta, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan, dengan masing-masing provinsi sebanyak 100 orang. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!