Kemenkop-Bareskrim-BIN Perangi Investasi Bodong Berkedok Koperasi

JAKARTA (Pos Sore) — Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno mengungkapkan, banyak laporan dari masyarakat yang menyebutkan penipuan investasi berkedok koperasi. Kemenkop pun menggandeng Badan Intelejen Negara (BNI) dan Bareskrim Mabes Polri, untuk memerangi penipuan tersebut.

“Saya pastikan itu bukan koperasi, hanya berkedok atau atas nama koperasi tapi tidak menjalankan prinsip-prinsip perkoperasian yang baik dan benar,” tandasnya, di Jakarta, Rabu (6/2).

Menurutnya,yang disasar mereka adalah masyarakat yang memiliki kebutuhan konsumtif dengan cara yang mudah dan cepat namun tanpa kontrol. Ia menyebut beberapa kasus penipuan berkedok koperasi melalui fasilitas SMS.

Di antaranya menyangku nama KSP Nasari, KSP Utama Karya, dan KSP Anugerah. Namun, Suparno memastikan hal tersebut penipuan yang menggunakan nama koperasi. Ia pun mengajak seluruh masyarakat agar tidak terkena penipuan berkedok koperasi tersebut.

Suparno menegaskan, pihaknya butuh langkah pencegahan dan penanganan agar kasus penipuan seperti itu tidak meluas di masyarakat. Terlebih ada sekitar KSP dan USP yang jumlahnya mencapai 79.543 unit atau 52,62% dari total jumlah koperasi di Indonesia.

“Suka atau tidak suka, koperasi yang bergerak di sektor simpan pinjam amat rawan untuk disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab,” kata Suparno.

Untuk itu, lanjut Suparno, pihaknya akan lebih meningkatkan kinerja dari Satgas Waspada Investasi yang ada di seluruh Indonesia. Saat ini, sudah ada 13 Kementerian/Lembaga yang masuk dalam jajaran Satgas Waspada Investasi, termasuk Bareskrim Mabes Polri.

Untuk mencegah money laundry, pihaknya sudah bekerjasama dengan PPATK. Melalui kerjasama ini koperasi diwajibkan untuk melapor bila menerima dana dalam jumlah besar yang diduga dalam transaksi mencurigakan.

“Kita juga sudah bekerjasama dengan BNPT (Badan nasional Penanggulangan Teroris) agar koperasi tidak dijadikan sebagai wadah pendanaan terorisme di Indonesia”, tambah Suparno. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!