Kemitraan Strategis Firma KM & Partners dan IndonesiaX Sediakan Kursus Online Gratis

JAKARTA (Pos Sore) — Tingkat literasi masyarakat dan pelaku pengadaan terhadap teori dan regulasi yang melingkupi dunia pengadaan barang dan jasa pemerintah dinilai masih rendah. Terbukti, dengan masih tingginya kasus hukum terutama terjerat korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Karenanya, perusahaan konsultan di bidang pengadaan barang dan jasa Firma KM & Partner menggandeng Samsul Ramli, procurement specialist dan penulis buku nasional tematik pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk bersama-sama mengelola kelas pengadaan di IndonesiaX.

IndonesiaX (PT Education Technology Indonesia) adalah pemilik platform pendidikan online www.indonesiax.co.id. IndonesiaX dikenal ahli menyediakan kursus-kursus berkualitas yang dapat diakses secara gratis di seluruh pelosok Indonesia. 

Dengan demikian, IndonesiaX akan menyediakan kursus online mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dan, bagi peminat kursus tidak dikenakan biaya. Hanya diperlukan jaringan internet dan perangkat komunikasi semacam komputer dan handphone android.

Kesepakatan itu tertuang saat Direktur Utama Firma KM & Partners Khalid Mustafa dan Presiden Direktur IndonesiaX Lucy Pandjaitan menandatangani nota kerja sama antara kedua pihak, di Jakarta, Kamis (7/2). 

“Melalui kemitraan strategis ini, IndonesiaX sebagai pemilik platform pendidikan online www.indonesiax.co.id akan menyediakan kursus online mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah,” kata Khalid.

Khalid mengungkapkan, sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, tercatat lebih dari 300.000 pembelajar yang telah mengikuti 35 kursus di platform IndonesiaX.co.id dari 34 provinsi.

Sementara itu, Lucy Pandjaitan mengatakan, IndonesiaX memberikan akses kepada pembelajar di seluruh penjuru negeri atas materi pembelajaran dan keterampilan dari profesor dan dosen terbaik serta pimpinan perusahaan terkemuka.

“IndonesiaX menyambut baik pembuatan video online tentang PBJ (pengadaan barang dan jasa) yang bisa diakses secara gratis dari manapun. Sehingga melancarkan pengadaan barang dan jasa sesuai prosedur yang ditetapkan pemerintah,” kata Lucy.

Ketua Dewan Penasihat IndonesiaX yang juga Guru Besar Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Prof Muhammad Nuh mengatakan, IndonesiaX dalam usahanya untuk memenuhi kehausan keilmuan, terus berusaha menampilkan para ahli yang prominent dari perguruan tinggi dan lembaga ternama untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

“Semua itu dilakukan secara masif agar terjadi kapitalisasi pengetahuan untuk mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowlege based society),” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Bersatu, itu.

Kelas pengadaan ini tidak hanya dapat diakses oleh pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah namun juga oleh masyarakat secara luas. Keutamaan kelas pembelajaran IndonesiaX adalah seluruh konten dan proses pembelajaran bersifat gratis.

Samsul Ramli mengatakan, empat modul telah disiapkan untuk kelas pengadaan ini. Modul-modul ini setara dengan unit kompetensi pengelola pengadaan barang/jasa tingkat pertama. Materi merupakan kombinasi unit kompetensi standar nasional dan kompetensi dasar International Supply Chain Management .

“Kami berharap meski kelas ini gratis namun kualitas konsep, konten dan kelulusan telah memenuhi standar nasional bahkan internasional,” kata dia.

Dengan jejak rekam yang baik dari IndonesiaX, platform ini diyakini mampu menjadi salah satu solusi yang efisien dalam peningkatan literasi pengadaan barang/jasa di Indonesia.

Kelas pengadaan ini tidak hanya dapat diakses oleh pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah, namun juga oleh masyarakat secara luas. Keutamaan kelas pembelajaran IndonesiaX adalah seluruh konten dan proses pembelajaran bersifat gratis.

Selain itu, dari setiap modul yang berhasil dikuasai dengan baik, para peserta bisa mendapatkan sertifikat sesuai dengan kursus yang telah diselesaikan. Khusus untuk kelas pengadaan barang/jasa yang dikelola Firma KM & Partner, sertifikat yang nanti didapatkan dapat dinilai sebagai sertifikasi kompetensi pada level tertentu untuk kemudian dijadikan bekal untuk mendapatkan sertifikat kompetensi pengadaan yang lebih advance.

Samsul Ramli mengaku sangat tertarik dan antusias dengan ide kelas pengadaan secara online melalui IndonesiaX. Tawaran KM & Partner adalah kesempatan besar untuk berbagi pengetahuan pengadaan secara luas melalui IndonesiaX.

Tidak kurang dari 4 modul yang telah disiapkan untuk kelas pengadaan ini. Modul-modul ini setara dengan unit kompetensi pengelola pengadaan barang/jasa tingkat pertama. Materi merupakan kombinasi unit kompetensi standar nasional dan kompetensi dasar International Supply Chain Management.

“Kita berharap meski kelas ini gratis namun kualitas konsep, konten dan kelulusan telah memenuhi standar nasional bahkan internasional,” tandas Khalid bersemangat. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!