BLK Makassar Gandeng Pengusaha Serawak Gelar Job Fair

MAKASSAR (Pos Sore) — BLK Makassar memfasilitasi pelaksanaan Job Fair yang diselenggarakan oleh KJRI Kuching bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Job fair menawarkan 7.273 lowongan kerja untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan di Sarawak, Malaysia mencakup tiga sektor industri. Yakni konstruksi, manufaktur, dan perkebunan kelapa sawit. Job fair berlangsung dua hari, 26-27 Maret 2019 diikuti 33 perusahaan dari Sarawak, Malaysia.

“Tentu kami mendukung job fair ini. Karena sektor manufaktur dan konstruksi pelatihannya ada di kami, minus kelapa sawit,” kata Plt. Kepala BLK Makassar, As’adiya usai membuka job fair di Aula BLK Makassar, Selasa (26/3).

Kedepan dia berharap pihak KJRI, BNP2TKI, dan pemda menyiapkan data dan informasi kebutuhan pasar kerja. Agar pihaknya dapat menyusun program pelatihan sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

Konsul Jenderal RI di Kuching, Yonny Tri Prayitno menambahkan, job fair tersebut merupakan salah satu upaya untuk melindungi dan sekaligus mempromosikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sarawak sesuai dengan prosedur, legal, dan bermartabat.

Ia menjelaskan, pihaknya telah membangun komunikasi dengan perusahaan-perusahaan di Sarawak. Dari komunikasi tersebut, ditemukan sejumlah kebutuhan akan tenaga kerja di Sarawak.

Menurutnya, jika berjalan sesuai dengan target, maka job fair ini akan dijadikan pilot project untuk daerah lain. Ia pun menargetkan job fair kali ini mampu menyerap sedikitnya 2 ribu tenaga kerja. (sim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!