Sekjen Kemnaker Tanggapi Positif Eksistensi Forwaker

JAKARTA (Pos Sore) — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan, Khairul Anwar mengatakan pemerintah [Kemnaker – Red] tidak akan mencampuri urusan internal organisasi kewartawanan yang bertugas meliput di instansi pemerintah tersebut.

Bagi pemerintah, kata Khairul, kehadiran wartawan di lingkungan sebuah instansi pemerintah adalah sebagai penyambung lidah informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak tercekoki dengan berita hoax yang beredar.

Pernyataan itu dikemukakan Khairul Anwar ketika menerima perwakilan pengurus Forum Wartawan Ketenagakerjaan (Forwaker), Rabu (27/3) yang beraudiensi sekaligus melaporkan hasil Musyawarah Nasional II Forwaker yang sudah berlangsung medio Maret lalu.

Khairul menegaskan. Kemnaker sangat menghargai dan menghormati eksistensi Forwaker sebagai wadah berhimpun bagi wartawan yang ditugaskan kantor redaksi masing-masing di Kemnaker. “Yang penting bagi kami adalah bagaimana kerjasama antara organisasi wartawan dan pemerintah bisa berjalan simultan dan saling mengisi dalam menyampaikan informasi ketenagakerjaan kepada masyarakat,” kata Khairul.

Kerjasama yang sudah dijalin selama ini, lanjutnya, harus lebih ditingkatkan lagi dan jangan sampai tercoreng dengan kepentingan sesaat.

Menanggapi hal itu, Ketua Forwaker Ir. Friendly Tarida Sianipar mengatakan arahan Sekjen Kemnaker tersebut, searah dengan thema yang diusung Musyawarah  yang menggambarkan tekad Forwaker dalam meningkatkan kualitas kerjasama dan kemkitraan antara wartawan yang tergabung dalam Forwaker dengan Kementerian Ketenagakerjaan.

Meskipun demikian, fungsi sosial kontrol yang diemban oleh Forwaker harus dinjunjung tinggi dengan berazaskan pada UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers dan kode etik Jurnalistik, tanpa mengenyampingkan tabayyun atau berupaya mencari kejelasan dari berita yang akan diekspos.

Kepada wartawan yang tergabung di Forwaker, Friendly mengajak untuk tetap menunjukkan eksistensi dalam menyampaikan program ketenagakerjaan dan memupuk rasa persatuan antara sesama jurnalis.

Tentang program kerja Forwaker baik janngka panjang, sedang maupun pendek, Khairul menyambut positif dan berjanji akan membantu dalam mewujudkannya. “Sepanjang program kerja itu terkait dengan penyampaian informasi ketenagakerjaan dan untuk diketahui oleh masyarakat luas, kami akan membantu dan memfasilitasinya,” tegas Khairul. (sim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!