Tumbuhkan Kecintaan Anak pada Sains, PP IPTEK Rutin Adakan Indonesia Science Day

JAKARTA (Pos Sore) — Kegiatan Indonesia Science Day (ISD) yang digelar pada 25 – 28 April 2019 oleh Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (PP-Iptek) di TMII Jakarta berakhir Minggu (28/4). Di Event kali ini, PP-IPTEK mencatat lebih dari 6000 pengunjung datang ke ISD 2019.

Direktur PP-IPTEK Muhamad Syachrial Anas, menyebut cukup banyaknya kunjungan tersebut juga berkat dukungan dari Pemda DKI yang ikut mengakomodir pelajar-pelajar untuk berkunjung, dan ikut terlibat dalam berbagai kegiatan sains yang diadakan selama ISD 2019.

“Selain itu, banyak peserta pameran seperti universitas, instansi pemerintah dan swasta yang ingin kembali diikutkan serta pada ISD tahun depan,” ujarnya, di sela penutupan ISD 2019, Minggu (28/4).

Melalui kegiatan tahunan ini, Syachrial menekankan pentingnya menumbuhkan kecintaan pada anak tentang sains. Karenanya, dalam penyelenggaraan ISD tahun depan, pihaknya meminta para pengajar atau orangtua kembali mengikuti ajang tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan partisipasinya di acara ISD 2019. Diharapkan pada ISD tahun depan para orang tua kembali mengajak anak-anaknya sehingga dari produk-produk inovasi yang mereka lihat dan mereka pegang, mereka bisa terinspirasi untuk menjadi kreatif dan mencintai iptek,” kata Syacrial.

Syachrial optimis penyelenggaraan ISD tahun depan akan lebih banyak lagi dikunjungi masyarakat. Melihat animo peserta dan pengunjung di ISD 2019 yang begitu besar, tidak menutup kemungkinan ke depannya ISD diadakan di tempat lain yang lebih besar.

“Peningkatan peserta dan pengunjung mencapai dua kali lipat, tentu saja ini akan menjadi pertimbangan bagi kami untuk menggelar event di lokasi yang lebih luas. Namun demikian kami akan mengarah ke pameran pendidikan yang khusus sains,” katanya.

Menurutnya, jika dilihat dari peningkatan peserta dan pengunjung di ISD 2019, berarti tujuannya tercapai. Tinggal dilihat nanti dampaknya dan tidak menutup kemungkinan ke depannya Indonesia Science Day bisa diadakan di tempat lain yang lebih besar.

“Nanti kita akan mengarah ke pameran pendidikan yang khusus sains,” terangnya seraya menyebutkan Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World yang diresmikan di awal kegiatan ISD 2019 juga banyak diminati pengunjung.

“Saya berpikir kini orang tertarik pada fenomena sains dan ini harus kita apresiasi dengan menambahkan wahana baru sehingga masyarakat bisa lebih tertarik lagi pada sains. Jadi ketika mendengar kata sains pikirannya tidak lagi langsung mumet,” tuturnya.

Ia menjelaskan di Wahana Inovasi Indonesia, ada berbagai macam fenomena sains, antara lain gaya dan aliran listrik yang dapat disaksikan oleh para pengunjung terutama untuk anak-anak. Selainjutnya, para pengunjung juga dapat melihat fenomena parabolik, demonstrasi roket air dan bom pada Indonesia

Pada Wahana Digital World, pengunjung dapat menyaksikan berbagai perkembangan dunia digital termasuk permainan (game) virtual reality, serta bermain dengan kamera. Di sini, pengunjung dapat duduk di satu tempat, lalu binatang-binatang kutub menghampiri pengunjung tersebut, yang fenomena itu hanya dapat dilihat melalui lensa kamera. Seru bukan? (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!