Warga Kota Jayapura Rayakan Integrasi Papua Ke NKRI

Warga Kota Jayapura melakukan jalan santai merayakan hari kembalinya Papua dan Papua Barat ke kepangkuan NKRI

JAKARTA (Pos Sore) — Walikota Jayapura, Provinsi Papua,  Benhur Tomi Mano (BTM) melepas secara resmi peserta jalan sehat dalam rangka memperingati hari kembalinya Irian Barat ke Pangkuan Ibu Pertiwi ke-56 tahun 2019. Rabu (01/05).

Kepala Biro Humas Pemda Papua, Israil Ilolu, ketika dikonfirmasi, Selasa (2/5), mengatakan acara yang diprakarsai Kantor Walikota Jayapura itu berjalan lancar dan tertib. Antusiasme masyarakat menunjukkan besarnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Persatuan dan Kesatuan dalam bingkai NKRI.

Menggambarkan siatuasi, Israil mengatakan Yel-yel yang diteriakkan peserta jalan sehat membangkitkan semangat untuk terus membangun tanah papua dalam kebersamaan.

Jalan sehat yang diawali dari Gedung Olah Raga Cenderawasih Jayapura dan finis di Taman Yos Soedarso, Imbi itu dikuti seluruh masyarakat kota Jayapura, dihadiri oleh Muspida kota Jayapura, TNI Polri, staf BUMD/BUMN, Ormas Gerakan cinta Indonesia, dan para pelajar dari Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Wali Kota BTM dalam sambutan pada pelepasan peserta jalan santai mengatakan sejarah mencatat tanggal 1 mei 1963 sejarah mencatat di Indonesia bahwa Papua Barat atau Papua telah kembali dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tidak ada lagi bendera diatas bendera, tidak ada lagi negara di dalam negara negara kita hanya satu yaitu Negara Kedsatuan Republik Indonesia. Kita membangun dalam NKRI, ini harus terpatri dalam diri kita sebagai rakyat Indonesia yang tinggal di kota Jayapura,” kata Tomy Mano.

Turut hadir DANDREM 172/PWY Kol. Inf Jonathan Binsar Sianifar, Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf. Yohanes Parinussa, Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK, Ketua Gercin Hendrik Yance dan Ketua LMRI, Imam Syafii. (sim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!