Kemnaker Gandeng Pemkot Bekasi Ukur Produktivitas

Kepala BBPP KemnakerĀ  Chairul saat melakukan pertemuan dengan Walikota Bekasi Rahmat Effendi

BEKASI (Pos Sore) — Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi dalam program pengukuran produktivitas makro dan mikro. Kerjasama tersebut akan diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Dalam pertemuan antara Kepala BBPP Ditjen Binalattas, Kemnaker RI Chairul dengan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kepala Bappeda Kota Bekasi di Bekasi, Kamis (9/5), Kemnaker memperkenalkan salah satu program unggulan BBPP yakni program pengukuran produktivitas makro dan mikro yang dapat diimplementasikan pada wilayah Kota Bekasi.

“Pengukuran produktivitas ini sebagai potret bagi Kepala Daerah dalam membuat dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan guna meningkatkan produktivitas baik Makro maupun mikro khususnya di wilayah Kota Bekasi,” ujar Chairul.

Ditambahkannya oleh Chairul, pertumbuhan ekonomi berkesinambungan menjadi sasaran utama kebijakan pemerintah melalui peningkatan produktivitas sebagai tujuan pembangunan. Produktivitas dipandang sebagai indikator penting dalam pembangunan nasional.

Pengukuran dilakukan dengan membandingkan output yang dihasilkan dengan input yang digunakan untuk memproduksi output berupa barang dan jasa. Faktor input dalam proses produksi dapat berupa bahan baku, tenaga kerja, mesin, metoda, serta modal.

Usai memperoleh penjelasan Chairul, Walikota Bekasi langsung menginstruksikan kepada jajarannya untuk membuat draft Nota Kesepahaman (MOU) antara Walikota Bekasi dengan Kepala BBPP dan memerintahkan seluruh jajarannya masing-masing agar segera membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BBPP. (sim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!