Penting Pemenuhan Kebutuhan Cairan Tubuh

JAKARTA (Pos Sore) — Hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tidak terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.

Karenanya, air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh. Terlebih berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air dan kurang lebih 50-60% tubuh manusia tersusun dari air.

Pentingnya asupan cairan bagi tubuh disampaikan Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK. Ia menjelaskan, minum air yang cukup sangatlah penting.

Terutama untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme.

“Ini berarti, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif,” katanya dalam Hydration Talk bertajuk ‘Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan Untuk Pemenuhan Hidrasi Sehat’, di Jakarta, Rabu (14/5).

Ia melanjutkan, dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi delapan gelas sehari.

Hal ini diperlukan untuk mencegah dehidrasi atau ketidakseimbangan kebutuhan cairan tubuh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Baik itu jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, kelelahan dan sembelit maupun jangka panjang seperti gangguan ginjal (batu ginjal, penyakit ginjal kronis), infeksi saluran kemih atau pun risiko kegemukan.

“Oleh karena itu, penting untuk menerapkan kebiasaan minum air untuk menjaga hidrasi dalam tubuh tetap sehat,” tandasnya.

Lantas, apa hubungannya antara minum air yang cukup dengan kegemukan? Katanya, meminum air dengan cukup dapat mencegah risiko kegemukan. Dengan minum air yang cukup dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pengeluaran kalori lebih banyak.

“Meminum air sebelum makan dapat membuat perut lebih cepat kenyang sehingga tidak makan berlebihan,” jelasnya seraya mengingatkan, hanya meminum air mineral biasa tanpa perlu ditambahkan potongan-potongan buah atau infused water sudah cukup.

Menurutnya, infused water tidak memberikan banyak vitamin dari buah dan hanya berefek menyegarkan. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!