Tambah Kapasitas Produksi Susu, Ultrajaya Bangun Pabrik di Berastagi

JAKARTA (Pos Sore) — Guna memenuhi kebutuhan susu dalam negeri, PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk (Ultrajaya) akan memperluas pabrik dengan membangun Ultra di Berastagi,  Sumatera Utara.

Sebagai langkah awal, perusahaan itu telah mendatangkan 400 ekor sapi perah dari Australia sebagai langkah awal pembangunan peternakan dan pabrik susu tersebut.

Sapi-sapi tersebut secara bertahap didatangkan dari Australia, yang dimulai sejak 2018. Potensi pasar susu kemasan di kawasan Sumatera dinilai sangat besar.

“Kita targetnya hingga akhir 2019 sudah dapat mendatangkan 20 ribu ekor sapi perah dari Australia,” kata Lukas Waka, Direktur SDM PT Ultrajaya Milk Industry & Tradding Company Tbk di sela buka puasa bersama media tahun ke-34, Jumat (17/5).

Peternakan dan perusahaan susu Ultrajaya di Berastagi tersebut dikelola PT Ultra Sumatera Dairy Farm. Ini adalah perusahaan patungan antara Ultrajaya dan PT Karya Putrajaya Persada dengan kepemilikan saham masing-masing 50%.

Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 120 hektar tersebut direncanakan memiliki kapasitas produksi 7 hingga 10 kali lipat dibanding pabrik yang ada di Pengalengan Bandung, Jawa Barat.

“Dengan kemampuan produksi susu rata-rata 20-30 liter per ekor sapi, maka nantinya Ultrajaya di Berastagi mampu mendapatkan pasokan susu lebih dari 200 ribu liter susu per hari,” jelasnya.

Jumlah ini diyakininya mampu memenuhi kebutuhan susu untuk wilayah Pulau Sumatera dan beberapa wilayah yang belum tergarap optimal.

Sementara itu, pabrik dan peternakan susu di Pengalengan memiliki 3.000 ekor sapi dengan produksi susu rata-rata 25 liter per harinya. Pabrik dan peternakan tersebut berdiri diatas lahan seluas 16 hektar.

Dikatakan, konsep pembangunan pabrik dan peternakan di Berastagi dilakukan secara integratif. Artinya kebutuhan bahan baku hingga proses produksi dan produk siap dipasarkan dilakukan dalam satu lokasi. Mulai dari peternakan, pabrik pengolahan susu hingga pengemasan produk.

Menurutnya, dengan cara demikian maka akan dapat meminimalisir risiko kerusakan susu.

Selain untuk memenuhi kebutuhan susu lokal, Ultrajaya juga membidik pasar susu di Singapura dan beberapa Negara di sekitarnya. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!