Sultan Yotama Gandeng Bupati Gorontalo Budidayakan Ikan Nila di Danau Limboto

JAKARTA (Pos Sore) –– Kecintaan kepada alam terkadang membuat seseorang menjadi ‘mabuk’ untuk terus berinovasi mencari gagasan baru dalam pengembangbiakan tanaman dan ternak termasuk jenis ikan yang belum tertata dengan dengan baik dan benar.

Berawal dari pembudidayaan tanaman, unggas, ikan Nila dan Lele yang dikembangbiakkan oleh Sultan Yotama Bubohu XII dan timnya utara komplek masjid Darussalam di Jawa Barat, kini gagasan cemerlang itu akan diwujudkan di kota kelahirannya di Gorontalo.

Gagasan itu disambut baik oleh Prof. DR. Nelson Pomalingo Bupati Gorontalo ketika menyempatkan diri berkunjung di laboratorium organic MASDARKOWI ( Masjid Darussalam Kota Wisata) di Jawa Barat.

Dari pertemuan itu, terlahir kesepakatan untuk membuat konsep pembangunan Laboratorium RASPONIK di Kabupaten Gorontalo yang ditangani oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yotama.

Kepada Possore.com Sultan Yotama Bubohu XX mengatakan Konsep itu tetap menjaga keindahan Danau Limboto yang nantinya akan ditangani lanbsung oleh Prof. Nelson Pomalingo selaku Bupati Kabupaten Gorontalo, Sultan Yotama Bubohu XII Gorontalo, Prof. Firdaus, Ketua umum Laskar Pangan Dunia dan Muhammad Iqbal Direktur istana Lele.

Keempat tokoh ini dalam waktu yang dekat ini secepatnya akan melakukan pertemuan untuk menindaklanjuti pasca kunjungan Prof. Ntuelson Pomalingo sekaligus merealisasikan rencana tersebut.

“Prof. Nelson Pomalingo telah meminta kepada saya untuk segera ke Gorontalo dan mempraktekkan konsepnya di daerah Gorontalo,” ujar Sultan Yotama.

Intinya, melalui konsep tersebut, diharapkan masyarakat dapat melakukan pengembangbiakan Ikan Nila dengan tidak harus di tengah Danau Limboto tetapi dengan memanfaatkan lahan terbatas dan ramah lingkungan.

Sultan Yotama berharap dengan konsep ini, pemerintah kabupaten Gorontalo bisa bekerjasama dengan masyarakat di sekitar karena ke depannya akan terjadi pelatihan reloksi dari tengah danau Limboto ke daratan sebagai ypaya penyelematan Danau Limboto dari keramba yang beroprasi di tengah danau. (sim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!