Mentan Amran Beri Apresiasi dan Penghargaan kepada 30 Pelaku Pembangunan Pertanian Teladan 2019

JAKARTA (Pos Sore) — Kementerian Pertanian menetapkan sebanyak 30 Pelaku Pembangunan Pertanian dari 15 provinsi sebagai Teladan Nasional 2019. Pemberian penghargaan ini sesuai berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 557/KPTS/KP.590/M/8/2019 tanggal 13 Agustus 2019.

Hanya lima kategori yang ditetapkan oleh Menteri Pertanian sedangkan dua kategori ditetapkan melalui Keputusan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

Adapun para penerima penghargaan tersebut yaitu Petani Berprestasi (5 orang), Gapoktan Berprestasi (5 unit), Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi (5 orang), Penyuluh Pertanian Teladan (5 orang), Balai Penyuluhan Pertanian Berprestasi (5 unit), Dosen Berprestasi (3 orang), P4S Berprestasi (2 orang).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dedi Nursyamsi, turut menyaksikan para penerima penghargaan ini yang mendapatkan Plakat, Piagam Penghargaan Menteri Pertanian dan hadiah berupa tabungan melalui BRI.

“Pemberian penghargaan yang selalu dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian ini bentuk apresiasi Pemerintah kepada para pelaku pembangunan pertanian yang ikut mendukung program-program Pemerintah guna mewujudkan lumbung pangan dunia pada 2045,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Momon Rusmono, usai memberikan penghargaan, di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, mengatakan, pemberian penghargaan kepada pelaku pembangunan pertanian telah menjadi pola dalam pembinaan yang berkelanjutan. Untuk menjamin
keberlanjutannya diharapkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama
Pemerintah Pusat terus memberi dukungan dan mengembangkan pola-pola pemberian penghargaan tersebut secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota
sampai dengan provinsi. “Ke depan perlu dilakukan evaluasi terhadap efektifitas,” tegasnya.

Di katakan, sektor pertanian mempunyai peranan yang strategis. Selain sebagai penyedia pangan rakyat Indonesia juga berkontribusi nyata dalam penyediaan bahan baku industri, bio energi, penyerapan tenaga kerja, sumber devisa Negara, sumber pendapatan rakyat dan pelestarian lingkungan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dedi Nursyamsi, menjelaskan, sebelumnya para teladan telah mengikuti beberapa rangkaian acara. Di antaranya Silaturahim dengan Kepala Badan Penyuluhan Pertanian dan Pengembangan SDM Pertanian dan menghadiri Sidang Bersama DPR dan DPD untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata serta Upacara Memperingati Detik-detik Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara.

Salah satu rangkaian kegiatan Pemberian Penghargaan Nasional Tahun 2019 adalah
Silaturahim antara Menteri Pertanian dengan seluruh Penerima Penghargaan Nasional Tahun 2019, 17 Agustus 2019 di Kementerian Pertanian. Rangkaian selanjutnya Silaturrahim Presiden dengan Para Teladan Nasional, pada 18 Agustus 2019 di Istana Negara. (tety)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share this product!