6 C
New York
01/04/2020
Aktual

Di Kota Bogor, Penyakit Diabetes dan Hipertensi Didominasi Manula

BOGOR (Pos Sore) — Hasil aksi bakti sosial layanan kesehatan gratis yang dilakukan Siloam Hospitals Bogor, Rabu (28/8/2019) di di wilayah RT 01 dan RT 02 Kampung Cibende, ternyata banyak warga terutama di wilayah Babakan Kecamatan Bogor Tengah, yang terkena penyakit diabetes dan hipertensi.

“Umumnya peserta yang mengikuti layanan kesehatan gratis ini didominasi masyarakat manula. Setelah kami adakan pemeriksaan, diketahui banyak mengidap diabetes juga hipertensi,” ungkap Hospital Director Siloam Hospitals Bogor, dr. Finna E. Indriyani, MM.

Selain diberikan obat, warga yang terkena dua penyakit tidak menular itu, juga disarankan agar secara berkala cek kesehatan secara rutin dan segera memulai gaya hidup sehat. Kepada 150 warga yang dilayani kesehatannya secara gratis, pun dianjur melakukan hal yang sama.

Di tempat yang sama, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat wilayah Bogor Tengah, Yudi Suhendi mengakui, di wilayahnya memang banyak warga yang telah berusia lanjut dan butuh perawatan ekstra guna menjaga kesehatan secara berkala.

Dikatakan, ada sekitar 10 ribu warga dari delapan kelurahan di kecamatan Bogor Tengah ini. Empat kelurahan di wilayah Babakan hanya difasilitasi satu Puskesmas Pembantu. Sedangkan dari ratusan warga, sebagian sudah berusia manula.

“Karena itu, ia pun berharap agar layanan BPJS dapat digunakan di rumah sakit Siloam Bogor sebagai rumah sakit terdekat yang berada di wilayah kami,” tandas Yudi Suhendi.

Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Siloam Hospitals Bogor ini dilakukan guna memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 RI di kota Bogor. Baksos ini juga bagian rangkaian memperingati hari lahir Siloam Hospitals Bogor yang kedua tahun (Juli 2019). Sebelumnya pada tahun lalu kegiatan edukasi kesehatan dan cek kesehatan gratis juga dilakukan di tempat yang sama di Bogor Tengah. (tety)

Related posts

Jokowi-JK, Mundur Atau Dimundurkan

Tety Polmasari

Bank Mayapada – Ciputra Artpreneur Persembahkan Pertunjukan Shaolin Warriors

Tety Polmasari

Bangun RS Baru, SILO Bidik Solo

Tety Polmasari

Leave a Comment